Sukses


Dianggap Terlemah di Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Harus Tegakkan Kepala dan Lupakan Masa Lalu, Now or Never!

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia bisa dibilang sebagai pupuk bawang dan kontestan paling medioker pada babak ketiga Kualifikasi Grup C Zona Asia Piala Dunia 2026.

Fakta ini bisa dilihat dari rekor pertemuan Timnas Indonesia beberapa waktu lalu saat bersua Jepang, Australia, Arab Saudi, Cina, hingga Bahrain yang kebetulan terlibat satu grup pada kualifikasi nanti.

Catatan terdekat adalah pentas Piala Asia 2023 Qatar lalu. Pada fase Grup D, pasukan Shin Tae-yong digebuk Jepang 3-1. Meski bisa lolos ke babak 16 dengan status peringkat ketiga terbaik, namun lagi-lagi Rizki Ridho dkk. dihajar Australia empat gol tanpa balas.

Bagaimana dengan rapor melawan Arab Saudi, Cina, dan Bahrain? Setali tiga uang. Timnas Indonesia juga tak berkutik. Timnas Merah Putih dibekuk Arab Saudi 0-1 pada kualifikasi Piala Dunia 2014 dan ditekuk Cina 0-1 di penyisihan Piala Asia 2013.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Memori Buruk Vs Bahrain

Paling heboh adalah pertemuan Indonesia kontra Bahrain pada kualifikasi Grup E Zona Asia Piala Dunia 2014. Ketika itu Indonesia jadi bulan-bulanan dengan kekalahan memalukan atas Bahrain dengan skor 10-0!

Skor akhir dari Pertandingan yang dimainkan di Stadion Nasional Bahrain ini memantik kecurigaan FIFA. FIFA melakukan penyelidikan terhadap hasil pertandingan yang dianggap tidak biasa tersebut.

Pasalnya, Bahrain dan Qatar sedang bersaing untuk lolos ke babak kualifikasi berikutnya Piala Dunia 2014. Bahrain butuh kemenangan minimal dengan sembilan butir gol untuk melewati Qatar. Sementara Qatar hanya perlu seri saat menghadapi Iran. Akhirnya laga Qatar melawan Iran berakhir berakhir imbang 2-2.

3 dari 5 halaman

Kesempatan Emas

Berkaca dari fakta di atas, Gusnul Yakin memberikan pernyataan menarik untuk suntikan motivasi bagi Timnas Indonesia.

"Semua elemen Timnas Indonesia harus melupakan masa lalu yang kelam. Kini saatnya menegakkan kepala. Sekarang momen terbaik lolos ke Piala Dunia 2026," kata pengamat sepak bola nasional, Gusnul Yakin.

"Jadi, sekarang atau tidak sama sekali. Kita jangan merangkak lagi di Piala Dunia berikutnya empat tahun lagi," bebernya.

4 dari 5 halaman

Pembagian Grup Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

5 dari 5 halaman

Laporan Bola.com Langsung dari Jerman

Sahabat Bola.com, yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman untuk melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

 

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024_ver 2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer