Sukses


Nova Arianto Puji Pemahaman Taktik Para Pemain Timnas Indonesia U-16: Bisa Pakai Banyak Taktik Jadi Keuntungan!

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, merasa senang dengan kemampuan adaptasi para pemainnya saat harus melakukan perubahan taktik di tengah pertandingan Piala AFF U-16 2024.

Dari beberapa pertandingan terakhir, Nova Arianto memang memperlihatkan sejumlah variasi formasi yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Situasi tersebut sudah tampak pada tiga pertandingan Grup A Piala AFF U-16 2024.

Nova mengatakan, ada beberapa taktik yang diterapkan tim pelatih Timnas Indonesia U-16 selama fase penyisihan grup. Para pemain pun mampu menjalankannya dengan baik saat harus berubah dari skema satu ke skema lainnya.

“Kalau secara taktikal, saya merasa sangat bersyukur karena pemain saya bisa cepat beradaptasi dengan apa yang kami lakukan dalam pertandingan,” kata Nova Arianto.

“Karena, kami memakai beberapa formasi, yakni 3-4-3, 4-2-3-1, ataupun 4-4-2. Saya bisa bilang pemain cukup adaptif dalam memahami apa yang akan kami lakukan di tengah-tengah pertandingan,” tambah pelatih Timnas Indonesia U-16 berusia 44 tahun tersebut. 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Progres Terbesar

Menurut Nova Arianto, pemahaman pemain dalam menjalankan strategi yang diberikan pelatih ini merupakan progres terbesar yang diperlihatkan Timnas Indonesia U-16 sejak awal masa pembentukan.

“Saya bersyukur pemain bisa menjalankannya dengan baik. Sehingga, apa pun formasi yang kami pakai dan lakukan perubahan di tengah pertandingan, saya pikir pemain tidak ada masalah,” ujarnya,

“Saya pikir, itu menjadi salah satu progres para pemain dalam sesi latihan dibandingkan saat awal-awal kami menggelar TC. Pemain sudah bisa berkembang dalam aspek taktikal,” imbuhnya.

 

3 dari 4 halaman

Fisik Juga Oke

Selain itu, pelatih berusia 44 tahun tersebut juga merasa senang dengan kondisi kebugaran para pemainnya. Dengan kualitas fisik semacam ini, mereka bisa menjaga intensitas permainan tetap tinggi sepanjang pertandingan.

Ini jelas menjadi keuntungan tersendiri. Sebab, apabila melihat beberapa laga yang dihadapi sebelumnya, kubu lawan sudah memperlihatkan penurunan kondisi fisik yang berujung pada kram.

“Secara fisik juga saya mengapresiasi semua pemain. Sebab, semuanya sudah tampil maksimal selama beberapa pertandingan terakhir ini,” kata asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia itu.

 

4 dari 4 halaman

Lolos Semifinal

Kesuksesan Timnas Indonesia U-16 melenggang ke semifinal Piala AFF U-16 2024 dipastikan setelah menumbangkan Laos U-16, pada laga pamungkas Grup A di Stadion Manahan, Solo, Kamis (27/6/2024) malam WIB.

Tim Garuda Muda sukses menggasak Laos dengan skor 6-1 lewat gol Muhammad Zahaby Gholy (24’), gol bunuh diri Sayyavath Vansavath (31’), Josh Holong Junior (37’ dan 61’), I Putu Panji Apriawan (45+4’), dan Muhammad Mierza (79’).

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer