Sukses


Piala AFF U-19 2024 Siap Digelar di Surabaya, Ratu Tisha Minta Masyarakat Jawa Timur Full Support Timnas Indonesia

Bola.com, Surabaya - Piala AFF U-19 2024 sudah siap digelar di Surabaya pada 17-29 Juli 2024. Pemkot Surabaya mulai melakukan persiapan akhir dalam waktu yang tersisa kurang dari dua pekan lagi untuk menghelat turnamen itu.

Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha, menyebutkan bahwa Surabaya juga merupakan kandang Timnas Indonesia U-19. Jadi, urusan adaptasi tim dengan stadion akan menjadi wewenang jajaran pelatih.

“Pasti ada persiapan ke Surabaya, ini sudah menjadi kandang kita juga. Tidak perlu ada penyesuaian cuaca. Kewenangan itu saya serahkan sepenuhnya kepada tim pelatih. Jadi, kami berharap bahwa kita bisa memberikan yang terbaik,” ucap Tisha.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Historis Manis

Timnas Indonesia U-19 memiliki riwayat mengesankan saat bertanding di Jawa Timur. Saat itu, mereka juga ditangani Indra Sjafri, yang sukses meraih trofi Piala AFF U-19 2013 atau sebelas tahun yang lalu.

Bedanya, turnamen tersebut saat itu digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Kini, lokasinya dipindah ke Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, yang memiliki fasilitas standar internasional.

Keberhasilan itu tidak lepas juga dari masyarakat Jawa Timur yang dikenal sebagai penggila sepak bola. Makanya, Ratu Tisha, mengharapkan masyarakat sekitar Surabaya bisa turut mendukung Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024 ini.

“Saya ingin mengimbau masyarakat pecinta sepak bola di Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan sekitarnya, khususnya Jawa Timur, untuk kita ramaikan stadion ini. Kita buat sejarahnya terulang lagi, kita buat gempar,” ujar Tisha.

“Kalau mungkin teman-teman ingat, dari turnamen beberapa tahun yang lalu. Itulah cikal bakal timnas kita hari ini. Hasilnya kita lihat tujuh tahun kemudian. Harapannya sekarang adalah menjadi cikal bakal timnas senior di masa depan,” imbuhnya.

 

3 dari 3 halaman

Dua Stadion Disiapkan

Ada dua stadion yang jadi venue pertandingan Piala AFF U-19 di Surabaya, yakni Gelora 10 November (G10N) dan Gelora Bung Tomo (GBT). 

Tak banyak perbaikan untuk persiapan Piala AFF U-19 2024. Sebab, Kota Surabaya sebelumnya juga telah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 pada medio November tahun lalu.

Timnas Indonesia U-19 sendiri akan bersaing di Grup A bersama Timor Leste, Filipina, dan Kamboja. Semua pertandingan tim Garuda rencananya akan digelar di Stadion GBT.

Sedangkan Grup B dan Grup C dimainkan di Stadion G10N. Grup B berisikan Laos, Vietnam, Myanmar, dan Australia. Lalu, Grup C melahirkan persaingan Malaysia, Thailand, Singapura, dan Brunei.

Dalam edisi ini, hanya tim berstatus juara grup yang dipastikan melaju ke fase gugur, tepatnya babak semifinal. Sedangkan tim runner-up hanya diambil satu dari tiga grup tersebut.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer