Sukses


Ulasan Ketajaman Lini Depan Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024: Australia Jadi Ujian Berat

Bola.com, Solo - Timnas Indonesia U-16 memiliki kans mempertahankan gelar juara Piala AFF U-16. Tim berjulukan Garuda Muda itu kini telah menginjakkan satu kaki ke semifinal ajang dua tahunan tersebut.

Kepastian itu didapat setelah Timnas Indonesia U-16 meraih kemenangan telak 6-1 atas Timnas Laos U-16 pada matchday terakhir Grup A di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (27/6/2024) malam WIB.

Parade gol Timnas Indonesia U-16 dicetak masing-masing oleh Zahaby Gholy (22' P), Sayyavath (30' OG), Josh Holong (37', 61'), Putu Panji (45+3'), dan Mierza Firjatullah (79'). Sementara gol semata wayang lawan dilesakkan Phayak Siphanom (7').

Armada Nova Arianto itu memungkasi Grup A dengan sembilan poin dari tiga pertandingan. Timnas Indonesia U-16 menyapu bersih fase grup dengan menundukkan Singapura U-16 dan Filipina U-16 dengan skor identik 3-0, serta Laos U-16.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Lini Depan Gacor

Keberhasilan Timnas Indonesia U-16 melaju ke fase knockout tidak lepas dari peran pemain depan. Dari 12 gol yang tercipta, empat di antaranya dicetak barisan penyerang Garuda Muda.

Mereka adalah Fadly Alberto Hengga dengan satu gol, Mierza Firjatullah (4 gol), Josh Holong (2), dan Zahaby Gholy (1). Adapun sisanya disumbangkan pemain belakang yakni kapten tim, Putu Panji (1 gol) dan Evandra Florasta (2 gol).

Hanya tiga pemain depan yang belum mencatatkan namanya di papan skor. Ketiganya yaitu Daniel Alfredo, Yohanes Gandrung, dan Fandi Ahmad.

Timnas Indonesia U-16 menunjukkan terus peningkatan di setiap pertandingan. Garuda Muda memberikan perlawanan sangat baik dalam duel terakhir kontra Laos U-16, yang notabene lawan terkuat di fase grup.

Lini depan Timnas Indonesia U-16 juga makin nyetel. Josh Holong yang kembali dimainkan sejak menit awal mampu menjawab kepercayaan Nova Arianto. Dia bahkan mencetak brace dalam laga itu, setelah pertandingan sebelumnya gagal menyarangkan gol.

3 dari 4 halaman

Jawab Kepercayaan

Kredit khusus juga layak diberikan untuk top skorer Timnas Indonesia U-16, Mierza Firjatullah. Pemain Dewa United Youth itu memberikan kontribusi luar biasa lewat sumbangan golnya pada babak kedua.

Dipasang sebagai starter atau dari bangku cadangan, Mierza Firjatullah selalu tampil menyala. Menariknya, tiga dari empat gol yang dicetak pesepak bola berusia 15 tahun itu datang sebagai pemain pengganti.

Kemenangan besar kontra Laos U-16 makin membuktikan ketajaman barisan serang Timnas Indonesia U-16. Ketangguhan Garuda Muda bakal kembali diuji di semifinal ajang kelompok umur bergengsi di Asia Tenggara itu.

 

4 dari 4 halaman

Jumpa Australia U-16

Timnas Australia U-16 akan menjadi lawan Timnas Indonesia U-16 pada semifinal Piala AFF U-16 2024. Duel kedua tim digelar di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (1/7/2024) pada pukul 19.30 WIB.

Australia U-16 sukses melenggang ke fase knockout sebagai juara Grup C dengan koleksi tujuh poin. Pada matchday terakhir mereka menggilas Timnas Timor Leste U-16 dengan selusin gol tanpa balas di Stadion Sriwedari, Solo, Sabtu (29/6/2024).

Pada laga lainnya mempertemukan Timnas Thailand U-16 kontra Timnas Vietnam U-16. Tim Gajah Perang melaju ke semifinal sebagai runner-up terbaik, setelah comeback 3-1 atas Timnas Malaysia U-16 di Stadion Manahan, Solo (29/6/2024). Sementara Vietnam merupakan jawara Grup B.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer