Sukses


Timnas Indonesia U-16 V Australia: Momen Ukur Kesiapan Mental Jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2024

Bola.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, menganggap duel melawan Australia U-16 pada Piala AFF U-16 2024 sangat penting bagi anak asuhnya untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2024.

Menurut jadwal, pertandingan antara Timnas Indonesia U-16 melawan Australia U-16 pada babak semifinal ini bakal berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024) pukul 19.30 WIB.

Nova Arianto menjelaskan laga ini bakal menjadi ukuran bagi tim pelatih untuk melihat perkembangan para pemain. Australia menjadi salah satu lawan yang dihadapi Garuda Muda di babak Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

“Saya bersyukur bisa bertemu dengan Australia di semifinal karena sekali lagi kami bisa melihat sejauh mana kemampuan kami untuk menghadapi Australia. Karena, kami akan bertemu lagi dengan mereka di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025,” kata Nova.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ujian Mental

Menurut pelatih berusia 44 tahun itu, duel ini bisa menjadi pengalaman berharga bagi I Putu Panji Apriawan dan kolega. Secara kekuatan, Australia kualitasnya jauh di atas lawan-lawan sebelumnya di Grup A.

Nova ingin melihat kesiapan mental para pemainnya saat menghadapi pemain-pemain yang lebih berkualitas. Apalagi, keduanya akan kembali bentrok di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

“Saya ingin melihat sejauh mana mental pemain saya dalam menghadapi tim yang secara level berada di atas kami. Menurut saya, itu akan menjadi pengalaman buat mereka,” ujar Nova Arianto.

“Sehingga pemain nanti bakal lebih siap lagi saat berjumpa Australia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Kami akan melihat kondisi pemain dan secara mental bagaimana mereka bisa menghadapi laga besok,” imbuhnya.

 

3 dari 4 halaman

Persaingan Ketat

Berdasarkan hasil drawing yang telah dilakukan pada 13 Juni 2024, Timnas Indonesia U-16 tergabung di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2024 bersama Australia, Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara.

Seluruh pertandingan di grup ini akan berlangsung di Kuwait yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Garuda Muda akan menghadapi tiga pertandingan yang dimulai pada 23 hingga 27 Oktober 2024.

Babak kualifikasi ini sangat krusial bagi skuad asuhan Nova Arianto untuk melaju ke putaran final Piala Asia U-17 2025 yang bergulir di Arab Saudi pada 3 hingga 20 April 2025. Persaingan perebutan tiket bakal kian ketat.

Hanya ada 10 peserta yang keluar sebagai juara grup dan lima kontestan yang berebut tiket melalui jalur runner-up terbaik yang akan melaju ke putaran final. Adapun satu tempat tersisa menjadi milik Arab Saudi selaku tuan rumah.    

4 dari 4 halaman

Simak Laporan Langsung Bola.com dari Euro 2024 di Jerman

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Video Populer

Foto Populer