Sukses


Kombinasi Ideal Lini Tengah Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026: Thom Haye Masih Jadi Kreator Andalan?

Bola.com, Jakarta - Timnas Arab Saudi menjadi lawan pertama Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Berdasarkan jadwal, Indonesia akan bertandang ke negara kaya minyak itu pada 5 September 2024. Dalam duel nanti, kedua pelatih, Roberto Mancini dan Shin Tae-yong bakal beradu strategi.

Selain Arab Saudi, Jay Idzes dan kawan-kawan juga menargetkan kemenangan atas penghuni Grup C lainnya yakni Bahrain, China, Australia, dan juga Jepang.

Meski disebut-sebut berada di grup neraka, Timnas Indonesia maju tak gentar. "Tak ada yang tak mungkin di sepak bola," pesan Erick Thohir, Ketum PSSI, mengingatkan sekaligus memantik semangat seluruh pemain Timnas Indonesia.

Mengarungi beratnya seluruh pertandingan, PSSI dan tim pelatih yang dikepalai Shin Tae-yong terus memoles armada tempur termasuk memburu pemain keturunan grade A via program naturalisasi.

Terkini, Timnas Indonesia mendapat suktikan darah segar bernama Jens Raven. Wonderkid Dordrecht U-21, Belanda, kini resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan secepatnya akan bergabung dengan Timnas Indonesia.

Meski diproyeksikan guna menambah kekuatan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024 yang mentas di Surabaya, Jawa Timur, dalam waktu dekat, tak menutup kemungkinan si jangkung yang masih berusia 18 tahun ini juga akan diterjunkan di putaran ketiga kualifikasi nanti.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Lini Andalan

Lini tengah, seperti laga-laga sebelumnya, masih jadi andalan. Poros ini tak hanya harus memenangi duel, mematikan aliran bola lawan, tapi juga bertugas memberikan banyak assist kepada lini depan guna mendulang banyak gol.

Jika memang memungkinkan, para gelandang bisa menjelma menjadi striker dadakan guna mengecoh konsentrasi bek-bek lawan.

Saat duel kontra Filipina di laga terakhir Grup F misalnya, Thom Haye yang menjadi kreator dan motor serangan berhasil mencetak gol pembuka pada menit ke-32 via tendangan keras terukur dari luar kotak penalti.

Pada laga yang mentas di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta itu, Indonesia menang 2-0, dimana gol tambahan tua rumah dicetak Rizky Ridho pada menit ke-56.

Selain Thom Haye, STY juga punya sederet gelandang yang kemungkinan masih menjadi tumpuan di putaran ketiga kualifikasi. Bila masih menerapkan formasi 3-5-2, lini tengah akan diisi oleh Calvin Verdonk, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, Marselino Ferdinan, serta Asnawi Mangkualam.

 

3 dari 4 halaman

Stok Melimpah

Membeludaknya pilir di posisi ini membuktikan betapa pentingnya peran para gelandang guna mengincar kemenangan. Menguasai lini tengah sekaligus memberikan peluang bagi Rafel Struick serta Ragnar Oratmangoen untuk menjebol gawang lawan.

Di lini belakang, Thom Haye cs. ditopang tiga bek tangguh yakni Justin Hubner, Jay Idzes, dan Rizky Ridho.

Jika masih kurang, STY masih punya banyak banyak stok di lini tengah. Yakob Sayuri, Ivar Jenner, Ricky Kambuaya, Egy Maulana Vikri, dan Shayne Pattynama bisa menjadi alternatif.

Dengan melimpahnya pemain di lini tengah, belum termasuk calon pemain naturalisasi lainnya, membuat Indonesia siap melaju ke putaran final Piala Dunia 2026 yang akan berlangsung di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

4 dari 4 halaman

Simak Laporan Langsung Bola.com dari Jerman

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer