Sukses


Nova Arianto Bangga dengan Mentalitas Timnas Indonesia U-16 saat Berjuang 10 Pemain Lawan Australia

Bola.com, Surakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, merasa bangga dengan mentalitas para pemainnya saat menghadapi Timnas Australia U-16 pada fase semifinal Piala AFF U-16 2024.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/7/2024) malam WIB itu, Timnas Indonesia U-16 harus mengakui keunggulan Australia setelah digulung dengan skor 3-5.

Nova Arianto mengungkapkan momen kartu merah yang diterima Raihan Apriansyah pada menit ke-28 menjadi titik balik dari pertandingan ini. Sebab, timnya malah kesulitan saat harus berjuang dengan 10 pemain.

“Dan dari hasil evaluasi, kartu merah pada menit ke-30 yang terlalu cepat itu yang membuat berjalannya pertandingan sedikit berbeda Karena itulah yang membuat kami kesulitan untuk keluar dari pressing lawan,” kata Nova Arianto dalam sesi konferensi pers, Senin (1/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Daya Juang Tinggi

Juru taktik berusia 44 tahun itu tetap mengapresiasi anak asuhnya, terutama karena I Putu Panji dan kawan-kawan memperlihatkan determinasi dan daya juang yang tinggi untuk meladeni permainan lawan.

Sebab, saat harus bermain dengan 10 pemain, skuad Garuda Muda tetap bisa mencetak dua gol ke gawang Australia. Di mata Nova Arianto, ini menjadi catatan positif tersendiri bagi para pemain.

“Tapi, di sini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pemain saya yang berjuang secara maksimal. Walaupun bermain dengan 10 pemain, tetapi bisa meladeni Australia dan bisa mencetak gol,” ujarnya.

3 dari 4 halaman

Mental Luar Biasa

Menurut Nova, daya juang luar biasa seperti ini menjadi bukti bahwa para pemain Timnas Indonesia U-16 punya mental yang tangguh. Ini merupakan salah satu pelajaran berharga bagi skuad Garuda Muda di Piala AFF U-16 2024.

“Itulah yang saya maksud dengan daya juang pemain saya secara mentalitas sangat-sangat luar biasa. Itu menjadi pelajaran yang berharga untuk para pemain kami juga di kejuaraan ini,” ujar Nova Arianto.

“Di mana kami masih sering melakukan blunder-blunder di lini belakang yang mengakibatkan kami harus terkena kartu merah dan akhirnya kemasukan gol dari lawan,” tambah pelatih asal Semarang itu.

 

4 dari 4 halaman

Hadapi Vietnam

Di fase perebutan peringkat ketiga, Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Vietnam U-16. Sebelumnya, Vietnam harus mengakui keunggulan Thailand pada fase semifinal seusai ditekuk dengan skor 1-2.

Menurut jadwal, pertandingan antara Timnas Indonesia U-16 melawan Vietnam U-16ini bakal berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Rabu (3/7/2024) pukul 15.00 sore WIB.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer