Sukses


Indra Sjafri Sodorkan 3 Pemain Keturunan Kelahiran Belanda untuk Dinaturalisasi Timnas Indonesia U-19, Mauresmo Hinoke Jangan Sampai Lepas!

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, telah menyodorkan tiga nama pemain keturunan kelahiran Belanda untuk dinaturalisasi PSSI. Siapa saja?

Sebelumnya, Indra Sjafri sudah melakukan seleksi terhadap empat pemain diaspora di Timnas Indonesia U-19 dalam Maurice Revello Tournament 2024 atau Toulon Cup di Prancis pada 3-16 Juni 2024.

Keempatnya adalah Mauresmo Hinoke dari FC Dordrecht U-21, Dion Markx dari NEC Nijmegen U-21, Sem Yvel dari NAC Breda U-21, dan Tim Geypens yang baru bergabung dengan FC Emman.

"Dari yang sudah mengikuti Toulon Cup ditambah beberapa pemain yang saya pantau, tapi kan tidak segampang itu, apalagi ini usia muda," ujar Indra Sjafri.

"Tidak segampang itu melakukan perpindahan kewarganegaraan. Sebab, ada pertimbangan-pertimbangan dari saya yang juga tidak bisa gegabah dalam menentukan kualitas," ungkapnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Masih Dirahasiakan

"Kecuali, kalau pemain senior yang cap-nya sudah banyak, profilnya jelas, mungkin kami akan cepat menentukan jika dia pemain bagus. Tapi, kalau usia 18 tahun, kami harus cukup hati-hati," jelas Indra Sjafri.

Indra Sjafri memilih untuk tidak mengungkap identitas tiga pemain keturunan yang direkomendasikan untuk dinaturalisasi demi Timnas Indonesia U-19.

PSSI mesti memastikan asal-usulnya lebih dulu supaya selaras dengan Undang-Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia dan Statuta FIFA.

3 dari 5 halaman

Disesuaikan dengan UU dan Statuta FIFA

"Tapi, kami telah memberikan beberapa nama dari semua pemain yang pernah bertemu dengan saya di Belanda. Saya sudah bicarakan dengan PSSI. Nanti PSSI yang menelusuri," imbuh Indra Sjafri.

"Sebab, saya juga mendengar ada yang sesuai dengan UU 12 2006 dan tidak sesuai dengan Statuta FIFA. Makanya sekarang PSSI sedang mencoba menelusuri administrasi, memungkinkan atau tidak."

"Tapi secara teknis, saya sudah memberikan beberapa nama untuk dicoba prosesnya," jelas Indra Sjafri.

4 dari 5 halaman

Susul Jens Raven

Tiga pemain diaspora itu berpeluang untuk menyusul pemain keturunan kelahiran Belanda lainnya, Jens Raven, yang telah dinaturalisasi oleh Timnas Indonesia U-19 pada akhir Juni 2024.

"Saya merekomendasikan satu pemain di lini depan, satu bek tengah, dan satu fullback kiri. Tapi untuk nama-namanya, biar PSSI yang merilis," tutur Indra Sjafri.

5 dari 5 halaman

Ada Mauresmo Hinoke?

Berdasarkan bocoran posisi dari Indra Sjafri itu, kriteria tiga pemain diaspora mengarah kepada Mauresmo Hinoke yang bermain sebagai penyerang, Tim Geypens bek kiri, dan Dion Markx bek tengah.

"Sebab, nama-nama tersebut akan valid setelah silsilahnya ditelusiri dan memang bisa diproses untuk dinaturalisasi dan orang tuanya mengizinkan," ucap Indra Sjafri.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer