Sukses


BRI Liga 1: Sudah Pimpin Latihan Arema FC, Ini yang Ingin Diperbaiki Joel Cornelli

Bola.com, Malang - Pelatih asal Brasil, Joel Cornelli, sudah bertugas memimpin sesi latihan Arema FC, tepatnya sejak Senin (1/7/2024) di lapangan ARG, Kabupaten Malang.

Seperti diketahui, Joel sempat satu pekan hanya duduk di bangku penonton mengamati latihan. Dia tidak bisa turun langsung karena visa kerja sang pelatih belum keluar.

Mantan asisten pelatih Corinthians, Brasil tersebut sangat antusias memberikan instruksi kepada Dendi Santoso dkk. Dia tampak memperbaiki fisik dan kualitas passing pemain Arema FC

Itu menjadi jadi satu di antara modal untuk memperagakan cara bermain yang akan ditanamkannya. “Sejak minggu lalu saya sering lihat latihan tim. Sekarang saya tahu pemain seperti apa kualitasnya dan bagaimana Arema harus bermain nanti,” kata pelatih berusia 57 tahun tersebut.

Pada Liga 1 2024/2025, Joel Cornelli berharap Arema FC tampil dengan penguasaan bola tinggi. Namun tetap agresif, dan tidak sekedar memainkan ball possesion karena kualitas passing dan fisik sangat diperlukan.

“Kami ingin Arema FC selalu menguasai bola pada pertandingan. Kalau hilang bola, langsung lakukan pressing cepat. Selanjutnya, akan diperkuat semuanya,” tegasnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Sentuhan Berbeda

Kedepan, sang pelatih mulai menyentuh latihan menyerang, bertahan, transisi, serangan balik dan sebagainya. Program itu sebenarnya sudah umum diterapkan pelatih. Namun, Joel berjanji akan memberi sentuhan yang berbeda.

“Jadi, Arema FC tahun lalu akan berbeda dengan sekarang. Ada pemain baru yang datang. Jadi, lupakan yang kemarin dan Arema siap dengan tim baru,” jelasnya.

Pastinya, Joel Cornelli sudah mengamati permainan Tim Singo Edan pada musim lalu. Sehingga dia paham seperti apa pemain yang dipertahankan, dan nama-nama baru yang datang dirasa bisa membuat tim lebih kuat.

“Semua yang ada di Arema saat ini ingin tim lebih baik. Dan itu kami mulai dari persiapan atau latihan sekarang,” tegas Joel.

 

3 dari 5 halaman

Buka Seleksi Pemain

Setelah satu pekan menjalani persiapan, Arema FC mulai lengkap. Mereka sudah mendatangkan tiga pemain asing baru, yakni Thales Lira, Miliam Marcilio, dan Choi Bo-Kyeung. Hanya saja, Arema juga masih membuka pintu untuk trial pemain.

Saat ini, ada tiga pemain yang statusnya masih trial. Mulai dari dua kiper Annas Fitranto dan Utam Rusdiana, serta gelandang asal Aljazair, Mohamed Amghar.

Hanya saja saat ini status ketiganya masih belum diputuskan, karena pelatih kepala ingin melihat lebih lama kualitas para pemain tersebut.

“Di Arema ada pemain trial. Ada juga yang ingin jaga kondisi saja. Kami terbuka asalkan sejalan dengan program pelatih,” kata Manajer Operasional Arema, Sudarmaji.

 

4 dari 5 halaman

Butuh Striker Murni

Tidak menutup kemungkinan masih ada pemain seleksi yang akan bergabung. Dengan catatan, posisinya memang dibutuhkan di tim.

Jika melihat kebutuhan saat ini, sebenarnya posisi striker murni Arema masih kekurangan pemain. Penyerang yang ada posisinya bukan penyerang murni, seperti Dedik Setiawan dan M. Rafli. Namun, sampai sekarang belum ada striker murni yang didatangkan.

5 dari 5 halaman

Simak Liputan Eksklusif Euro 2024 di Bola.com

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Video Populer

Foto Populer