Sukses


Nova Arianto Akui Gaya Bermain Vietnam Mirip Timnas Indonesia U-16, Bagaimana Cara Antisipasinya?

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, tengah menyiapkan strategi khusus menjelang pertandingan melawan Timnas Vietnam U-16 pada babak perebutan peringkat ketiga Piala AFF U-16 2024.

Menurut jadwal, duel antara Timnas Indonesia U-16 melawan Vietnam U-16 ini bakal berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Rabu (3/7/2024) pukul 15.00 WIB. Keduanya harus bertempur di fase ini karena sama-sama kalah di semifinal.

Vietnam, misalnya, harus mengakui keunggulan Thailand setelah digebuk dengan skor 1-2. Sementara itu, Garuda Muda gagal melenggang ke final karena tumbang dengan skor 3-5 dari Australia.

Duel antara Indonesia dan Vietnam ini sempat terjadi pada edisi sebelumnya. Hanya saja, pertemuan pada Piala AFF U-16 2022 yang berlangsung di Yogyakarta kala itu tersaji pada fase final.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Gaya Hampir Sama

Nova Arianto menjelaskan, Timnas Indonesia U-16 akan menyiapkan antisipasi-antisipasi khusus untuk meladeni perlawanan The Golden Star. Pasalnya, menurut Nova, gaya bermain Vietnam tak jauh berbeda dengan anak asuhnya.

Yang perlu dicermati dari skuad asuhan Tran Minh Chien ialah agresivitasnya. Mereka juga mampu tampil produktif di fase penyisihan dengan menghasilkan 21 gol dari tiga pertandingan. Angka ini jauh lebih tinggi dari catatan Garuda Muda yang hanya menghasilkan 12 gol.“Vietnam bermain cukup baik. Secara permainan hampir sama seperti kami. Itu yang akan kami antisipasi dari cara bermain Vietnam agar tidak terjadi lagi insiden-insiden seperti ketika melawan Singapura, Filipina, Laos, hingga Australia,” ujar Nova di Stadion UNS, Selasa (2/7/2024).

3 dari 4 halaman

Harus Berhati-hati

Salah satu evaluasi dari penampilan Evandra Florasta dkk di Piala AFF U-16 2024 ialah kesalahan individual. Mereka kerap melakukan kecerobohan yang akhirnya merugikan. Hal itu sering terjadi pada empat laga terakhir.

“Yang kami evaluasi selama kejuaraan ini tentu bukan hanya laga tadi malam melawan Australia, tetapi dimulai dari pertandingan pertama melawan Singapura, Filipina, hingga Laos,” ujar Nova.

“Pada menit-menit awal, pemain sangat excited, dan bermain sangat agresif. Sehingga, hal ini membuat mereka melakukan pelanggaran-pelanggaran yang sebetulnya tidak perlu terjadi,” tambahnya.

4 dari 4 halaman

Recovery dan Rotasi

Salah satu tantangan terbesar Nova ialah mengembalikan kondisi kebugaran para pemainnya. Sebab, waktu persiapan terhitung sangat singkat karena hanya tersedia jeda satu hari. Nova berencana merotasi pemainnya saat menghadapi Vietnam.

“Ya pastinya masalah recovery jadi fokus utama kami ya. Karena kami besok hanya memiliki waktu satu hari untuk recovery, setelah itu kami akan bermain lagi melawan Vietnam,” ujar Nova.

“Namun, sekali lagi, tujuan kami di Piala AFF U-16 2024 ini untuk mencoba semua pemain. Dan mungkin kami akan mencoba merotasi semua pemain pada pertandingan besok,” tambahnya.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer