Sukses


Bintang Asing Uzur yang Tetap Eksis di Liga 1: Beto Jadi Tertua dan Paling Mentereng, Spasojevic Menguntit

Bola.com, Jakarta - Di Liga 1 2024/2025, akan tersaji deretan pemain-pemain gaek yang juga masih mencoba peruntungannya. Bukan hanya pemain lokal, tetapi ada pemain asing yang masih eksis di Liga 1 hingga saat ini.

Dari deretan pemain asing ini, didominasioleh penyerang. Nah, tiga pemain sudah di naturalisasi menjadi WNI. Mereka adalah Alberto Beto Goncalves, Ilija Spasojevic, dan Victor Igbonefo. Melihat situasi sekarang, bisa saja Liga 1 2024/2025 menjadi panggung terakhir mereka di kaste tertinggi sepakbola Indonesia.

Usianya saat ini sudah memasuki 43 tahun pada 31 Desember mendatang. Namun, Beto masih akan tetap bermain di Liga 1 musim depan. Bukan di Madura United, melainkan bersama PSBS Biak. Penyerang naturalisasi asal Brasil ini, masih terlihat dalam sesi latihan PSBS Biak di Lapangan Gelora Samudera, Kuta.

Hebatnya, Beto menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Indonesia. Ini dihitung sejak Liga Indonesia edisi 2011. Total Beto mampu melesakkan 148 gol. Namun jika dihitung sejak era Liga 1 2017, Beto mencetak 50 gol.

Pundi-pundi golnya bisa bertambah jika ia tetap menjadi salah satu pilihan Pelatih PSBS Biak Juan Esnaider di musim ini.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Ilija Spasojevic

Spaso, sapaan karibnya sebenarnya masih menjadi tulang punggung Bali United sejak Liga 1 2018. Total sudah 142 gol dicetaknya selama berkarier di Liga Indonesia. Namun sejak era Liga 1, jumlah golnya melebih Beto.

Penyerang naturalisasi asal Montenegro tersebut mampu mengemas 73 gol bersama Bhayangkara FC dan Bali United selama 11.221 menit bermain. Di Liga 1 musim ini, Pelatih Bali United Stefano Cugurra masih mempercayakan Spaso menjadi juru gedor Bali United.

Namun ia akan mendapat siangan. Sebab Teco mengatakan Bali United akan mengumumkan satu penyerang asing untuk menggantikan peran Jefferson de Assis yang kontraknya sudah tidak diperpanjang lagi. Kebetulan, Spaso menjadi pemain tertua di Bali United. Usianya pada September mendatang adalah 37 tahun.

 

3 dari 4 halaman

Marko Simic

Di tempat ketiga, ada Marko Simic. Penyerang Persija Jakarta ini selama berkarier di Liga 1, sudah mengoleksi 72 gol bersama Persija Jakarta. Hanya terpaut satu gol dari Ilija Spasojevic. Namun usianya lebih muda dari Spaso.

Usia Marko Simic saat ini adalah 36 tahun. Namun Simic memiliki keunggulan musim lalu. Pundi-pundi gol Simic lebih baik dibandingkan Spaso dengan mengoleksi 11 gol dan satu assist berbanding delapn gol yang dikemas Spasojevic.

 

4 dari 4 halaman

Victor Igbonefo

Bek tengah ini sudah malang melintang di Liga Indonesia. Mulai dari Persipura Jayapura, Pelita Bandung Raya, Arema, hingga Persib Bandung. Ia juga menjadi pemain naturalisasi. Lebih dulu dibandingkan Beto dan Ilija Spasojevic.

Usianya sekarang 38 tahun dan masih tetap berseragam Persib musim depan. Namun Igbonefo bukanlah pilihan utama di Persib. Musim lalu hanya 14 kali ia bermain di musim reguler dan tidak bermain saat Championship Series BRI Liga 1 2023/2024.

Yang membedakan Victor Igbonefo dengan pemain asing gaek lainnya adalah jumlah trofi Liga 1. Selama berkarier di Liga Indonesia, Igbonefo sudah mengoleksi empat gelar juara. Satu bersama Persib Bandung dan tiga kali bersama Persipura.

Beto sendiri mengoleksi satu kali juara di kasta tertinggi sepak bola Indonesia bersama Persipura. Tahun yang sama ia meraih juara dengan Beto. Sedangkan dua kali ia meraih gelar juara Liga 2 bersama PSBS Biak dan Persis Solo.

Sedangkan Spaso meraih tiga gelar juara di era Liga 1 bersama Bhayangkara FC dan dua kali bersama Bali United. Sedangkan Marko Simic hanya mengoleksi satu gelar juara Liga 1 bersama Persija Jakarta saat Liga 1 2018.

Video Populer

Foto Populer