Sukses


Timnas Indonesia U-16 Gagal ke Final Piala AFF U-16 2024, Erick Thohir: Oktober Ketemu Australia, Kita Sikat!

Bola.com, Yogyakarta - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir meminta skuad Timnas Indonesia U-16 tak berkecil hati meski gagal melaju ke final Piala AFF U-16 2024. Garuda Muda harus tersingkir lantaran kalah 3-5 dari Timnas Australia U-16.

Bertanding di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (1/7/2024) malam, armada Nova Arianto itu dipaksa menyerah tim lawan setelah sempat unggul lebih dulu dalam laga semifinal Piala AFF U-16 2024.

Gol Timnas Indonesia U-16 masing-masing dicetak via brace Zahaby Gholy pada menit ke-3, (45+4') dan Josh Holong (90+2'). Sementara gol Australia U-16 dilesakkan Quinn Macnicol (45+2'), Amlani Tatu (24', 66'), serta Anthony Stipe Didulica (71', 86').

"Saya bilang sama pemain tidak ada yang nundukin kepala tidak ada nangis, nanti Oktober kita ketemu Australia, kita sikat mereka," ujar Erick Thohir.

"Kita siapkan, kita bangsa besar kita enggak perlu takut sama mereka," tegas Menteri BUMN tersebut.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tergabung di Grup F

Sebagai informasi, Indonesia dan Australia bakal saling bertemu kembali di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Kebetulan, kedua tim berada di grup yang sama pada turnamen tersebut.

Timnas Indonesia U-17 masuk Grup F Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 dalam pengundian di Kantor Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (13/6/2024).

Selain Australia U-17, Garuda Muda akan bersaing melawan Timnas Kuwait U-17 dan Timnas Mariana Utara U-17.

Kualifikasi Piala Asia U-17 berlangsung pada 19-27 Oktober 2024. 10 juara grup dan lima runner-up terbaik akan lolos ke putaran final di Arab Saudi pada 3-20 April 2025.

 

3 dari 4 halaman

Jumpa Tim Senior Lebih Dulu

Sebelum berjumpa di level junior, Indonesia dan Australia bakal saling bentrok lebih dulu di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Erick Thohir berharap Timnas Indonesia senior bisa membalaskan dendam kepada Socceroos.

Timnas Indonesia akan bertemu Timnas Australia pada Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Duel kedua tim berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, 10 September 2024.

"Saya bilang ke tim senior kita yang juga akan ketemu Australia di grup, kita fight juga. Kita kasih lihat kita bukan bangsa yang mereka bisa selebrasi begitu, kita lawan mereka," kata Erick Thohir.

 

4 dari 4 halaman

Berlebihan

Pria berusia 54 tahun itu memang tampak kesal dengan selebrasi Australia U-16 di Stadion Manahan. Erick Thohir menganggap perayaan gol yang dilakukan penggawa Socceroos terlalu berlebihan.

"Tetapi kenapa mereka juga selebrasi berlebihan Australia sama kita? Karena mereka U-23-nya kalah sama kita, karena kalah jadi malu," ucapnya.

"Masih ada tiga bulan kita akan siapkan, kita akan pemusatan latihan, dan uji coba main yang terbaik,".

"Tim senior juga kita akan panggil mereka nanti bulan September, lihat junior kalian dilecehkan nah kita fight sama mereka. Ingat ya kita ini bangsa besar," pungkasnya.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer