Sukses


Bursa Transfer BRI Liga 1: Mantan Anak Asuh STY di Timnas Korsel Resmi Berseragam PSS Sleman

Bola.com, Sleman - Slot pemain asing PSS Sleman kembali teris menjelang persaingan di BRI Liga 1 2024/2025. Satu nama baru saja diumumkan manajemen klub berjulukan Super Elang Jawa itu pada Rabu (3/7/2024) sore.

Pemain tersebut adalah Moon Chang-Jin. Berposisi gelandang serang asal Korea Selatan. Chang-Jin merupakan mantan anak asuh Shin Tae-yong di Timnas Korea Selatan yang tampil di Olimpiade Rio 2016.

Kehadiran gelandang yang musim lalu memperkuat Seongnam FC di K-League 2 itu membuat PSS Sleman memiliki tiga pemain asing untuk kompetisi musim depan. Dua nama lainnya yakni Betinho (gelandang) dan Alan Bernardon (kiper).

Bergabung dengan Tim Elang Jawa merupakan pengalaman pertama Moon Chang-Jin berkarier di Liga Indonesia. Sebelumnya dia lebih banyak bermain di K-League.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Debut di Indonesia

Selain Chang-Jin, dua amunisi impor PSS Sleman yakni Betinho dan Alan Bernardon plus pelatih kepala Wagner Lopes juga akan memulai debut mereka di kompetisi kasta tertinggi Liga Indonesia.

"Pertama kali menerima tawaran untuk bermain di PSS Sleman, saya mencari informasi mengenai klub ini. Ada begitu banyak kegairahan yang dirasakan melihat antusiasme suporter mendukung klub ini," ungkap Chang-Jin di Omah PSS, Sleman, Rabu (3/7/2024) siang.

"Waktu itu, salah satu jajaran direksi PSS Sleman langsung menelepon menyatakan tertarik merekrut saya. Kemudian, saya membuat keputusan melanjutkan karir sepak bola profesional di PSS Sleman,” sambungnya.

3 dari 5 halaman

Berpengalaman

Sebelum hijrah ke Indonesia, Chang-jin telah malang melintang memperkuat sejumlah klub. Sebut saja Pohang Steelers, Seongnam FC, Gangwon FC, Incheon Utd, Sangju Sangmu, hingga Busan IPark.

Pencapaian terbaiknya yakni membawa Pohang Steelers meraih dua kali Korean Cup Winner serta satu kali South Korean Winner. Moon Chang-jin juga pernah memperkuat Timnas Korea Selatan di berbagai kelompok usia. Mulai U-19, U-21, U-22, hingga U-23.

Membantu PSS Sleman mewujudkan target finis di papan atas menjadi misi Moon Chang-jin di musim perdananya. Dengan pengalaman yang dimiliki, pemain berusia 30 tahun itu optimistis menatap kompetisi musim mendatang.

"PSS Sleman pada kompetisi lalu berada di peringkat menengah ke bawah. Situasi itu memotivasi saya untuk cepat beradaptasi dengan sepak bola Indonesia," ujar Chang-jin.

"Pengalaman serta prestasi yang pernah saya dapatkan di Liga Korea membuat saya ingin membawa PSS berada dalam puncak performa musim ini," tekadnya.

4 dari 5 halaman

Update Transfer

Secara keseluruhan PSS Sleman telah mendatangkan enam amunisi baru untuk kompetisi mendatang. Selain Moon Chang-jin, adapula Betinho, Alan Bernardon, Fachruddin Aryanto, Paulo Sitanggang, dan Gilang Oktavana.

Sementara beberapa pemain musim lalu yang tetap berseragam PSS Sleman yaitu kapten tim Kim Jeffrey Kurniawan, Irkham Zahrul Mila, Wahyudi Hamisi, Kevin Gomes, hingga Abduh Lestaluhu.

5 dari 5 halaman

Nikmati Sajian Euro 2024 Eksklusif di Bola.com

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer