Sukses


Taktik Jitu Nova Arianto saat Timnas Indonesia U-16 Jebol Gawang Vietnam 5 Kali: Pemain Kelelahan, Sabar Nunggu Sampai Lawan Lemas

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, mengungkapkan taktik jitu yang diterapkannya untuk menghajar Timnas Vietnam U-16 pada babak perebutan peringkat ketiga Piala AFF U-16 2024.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Rabu (3/7/2024) malam WIB itu, Timnas Indonesia U-16 sukses membuat Vietnam tak berdaya setelah unggul telak dengan skor 5-0.

Sejak babak pertama, skuad Garuda Muda sudah unggul dua gol terlebih dahulu, tepatnya menjelang waktu turun minum tiba. Gol dicetak Muhammad Zahaby Gholy (45+1’) dan Dafa Zaidan (45+4’).

Sementara itu, ketika memasuki babak kedua, Timnas Indonesia U-16 kembali menambah keunggulannya atas The Golden Star melalui Daniel Alfrido (75’ dan 82’) serta Muhammad Zahaby Gholy (78’).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Taktik Menunggu

Nova Arianto menjelaskan, para pemainnya memang cukup kesulitan pada awal-awal pertandingan. Sebab, kondisi kebugaran para pemainnya tidak optimal lantaran minimnya waktu istirahat.

Sebelumnya, Garuda Muda baru bermain melawan Australia dalam perebutan peringkat ketiga pada Senin (1/7/2024). Tak hanya itu, Nova juga menginstruksikan anak asuhnya untuk menunggu di area permainan sendiri. 

“Ini pertandingan yang tidak mudah, karena kami melihat kondisi pemain yang tidak bugar 100% karena hanya punya waktu recovery selama satu hari,” kata Nova dalam sesi konferensi pers pascapertandingan, Rabu (3/7/2024).

“Dan kami mencoba semua pemain yang ada di Timnas Indonesia U-16 agar bisa bermain. Kenapa kami kesulitan di awal-awal itu karena memang kami sedikit menunggu,” ia menambahkan.

3 dari 4 halaman

Keberhasilan Taktik Jitu

 

Instruksi yang diberikan juru taktik berusia 44 tahun itu tak terlepas dari potensi kekuatan lawan yang memiliki kecepatan. Untuk mengantisipasinya, Garuda Muda bermain dengan skema defend-counter.

Taktik ini memang terhitung jitu. Pasalnya, nyaris semua gol yang dicetak Timnas Indonesia U-16 ini bermula dari serangan balik cepat yang sukses membuat barisan pertahanan lawan kalang-kabut.

“Karena, secara taktikal, kami melihat Vietnam punya keunggulan di kecepatan pemain-pemainnya. Sehingga, kami menunggu di daerah kami sendiri dan melakukan counter-attack,” ujarnya.

“Memang pada awal-awal laga kurang maksimal, tetapi saya bersyukur setelah cooling break, kami melakukan pergantian, dan hasilnya pemain bisa maksimal sampai babak kedua selesai,” imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Kerja Keras Pemain

Nova juga memberikan apresiasi atas kerja keras seluruh anak asuhnya pada pertandingan ini. Daya juang I Putu Panji dan kawan-kawan sukses membuahkan kemenangan untuk merebut peringkat ketiga Piala AFF U-16 2024.

“Saya juga bersyukur dan berterima kasih kepada para pemain saya  yang bekerja sangat luar biasa pada pertandingan hari ini, sehingga kami bisa meraih kemenangan pada kemenangan,” katanya.

Video Populer

Foto Populer