Sukses


Dalam 36 Menit Kebobolan 5 Gol, Pelatih Vietnam Terkaget-kaget: Timnas Indonesia U-16 Menakjubkan!

Bola.com, Jakarta Pelatih Timnas Vietnam U-16, Tran Minh Chien, memberi selamat kepada Timnas Indonesia U-16 yang finis di peringkat ketiga Piala AFF U-16 2024. Dia menyebut Garuda Muda tampil menakjubkan saat menjungkalkan timnya.

Timnas Indonesia U-16 baru saja membabat habis Timnas Vietnam U-16 dalam laga perebutan peringkat ketiga di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (3/7/2024) sore WIB.

Pada laga ini, Garuda Muda menang skor sangat telak 5-0. Gol kemenangan Timnas Indonesia U-16 dicetak masing-masing via brace Zahaby Gholy (45', 78') dan Daniel Alfrido (75', 82'), serta Dafa Zaidan (45+3').

"Selamat buat Indonesia atas kemenangan yang menakjubkan, dan dapat tempat ketiga di turnamen ini," ujar Tran Minh Chien seusai laga.

"Di pertandingan ini, sebelum gol itu ada banyak pertarungan. Tetapi, Vietnam akhirnya malah memberikan gol buat Indonesia, sehingga lawan bisa menang," sambungnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bikin Kesalahan Konyol

Menurut Tran Minh Chien, kekalahan besar atas Garuda Muda disebabkan karena hilangnya konsentrasi plus menurunnya stamina para pemain. Kondisi itu membuat skuad Muda Golden Star Warriors sering melakukan kesalahan konyol hingga kebobolan dua gol dalam rentang waktu dua menit saja.

Arsitek berusia 50 tahun itu sebetulnya tidak menyangka anak asuhnya bisa kebobolan begitu banyak gol. Ini menjadi kekalahan terbesar Vietnam U-16 sepanjang turnamen.

"Dalam sepak bola usia dini, segalanya bisa terjadi. Hari ini kami tidak disangka kebobolan dua gol dengan jeda waktu yang sangat cepat," katanya.

"Mungkin di babak kedua pemain mulai kehilangan konsentrasi dan stamina. Jadi mereka membuat kesalahan-kesalahan yang konyol juga. Itu yang membuat kami kebobolan banyak gol," lanjut Tran Minh Chien.

3 dari 4 halaman

Jadi Bahan Evaluasi

Meski harus memungkasi turnamen dengan mengecewakan, Tran Minh Chien tetap mengapresiasi kinerja seluruh pemain. Hasil buruk kontra Timnas Indonesia U-16 menjadi bahan evaluasi bagi tim pelatih.

Selepas Piala AFF U-16 2024, Vietnam U-16 bakal mengalihkan fokus ke ajang yang lebih besar, yakni Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Pada turnamen ini mereka tergabung di Grup I bersama Yaman, Kirgistan, dan Myanmar.

4 dari 4 halaman

Kualifikasi Piala Asia U-17

Kualifikasi Piala Asia U-17 akan berlangsung pada 19-27 Oktober 2024. 10 juara grup dan lima runner-up terbaik akan lolos ke putaran final di Arab Saudi pada 3-20 April 2025.

"Tetapi, ini juga jadi kesempatan bagi pelatih dan tim untuk melihat lagi skuadnya. Jadi mereka bisa melakukan evaluasi dan bergerak ke kompetisi selanjutnya," ucap Tran Minh Chien.

Video Populer

Foto Populer