Sukses


Nasib Sial Francisco Rivera di Persebaya: Baru Main, Pertandingan Berhenti karena Flare

Bola.com, Surabaya - Gelandang asing anyar Persebaya Surabaya, Francisco Rivera, mengalami nasib sial saat berkesempatan mendapat menit bermain di klub baru. Dia kehilangan kesempatan unjuk kemampuan di hadapan suporter Bajul Ijo.

Momen itu terjadi saat Persebaya beruji coba dengan Persibo Bojonegoro di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (29/6/2024). Nah, Rivera sebenarnya baru tiba di Surabaya pada Jumat (28/6/2024).

Hanya sehari setelahnya, dia disiapkan tampil, tapi cuma jadi pemain cadangan. Pemain asal Meksiko itu ikut pemanasan di hadapan sebanyak 40 ribu penontin yang memadati Stadion GBT.

Duel berlangsung sengit. Dua gol tercipta berkat Mohammed Rashid (70'). Rivera lantas masuk di menit ke-84 menggantikan Andre Oktaviansyah. Belum sampai Rivera memegang bola, Bruno Moreira menggandakan keunggulan (86').

Setelah itu, flare menyala di seluruh penjuru stadion. Lapangan pun dipenuhi asap yang mengepul. Sampai akhirnya, panpel Persebaya memutuskan laga ini dihentikan hanya sampai 86 menit pertandingan.

Rivera belum sempat menunjukkan kemampuannya. Tapi, dia mengaku takjub dengan kehadiran Bonek yang antusias memberi dukungan untuk Persebaya Surabaya.

"Ya, memang susah. Tapi ini menakjubkan. Melakukan permainan seperti ini untuk motivasi, untuk menikmati. Ini sangat bagus bagi tim," kata Rivera sebelum latihan di Lapangan B Kompleks GBT, Surabaya, Rabu (3/7/2024) sore.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Gagal Tampil

3 dari 5 halaman

Belum Sempat Tampil

Di sisi lain, kepulan asap flare mengakibatkan Stadion GBT dipenuhi dengan asap yang mengganggu pernapasan penonton. Panpel Persebaya langsung mengimbau para penonton yang membawa anak kecil untuk segera meninggalkan stadion.

Sayangnya, penyalaan flare itu membuat Rivera terpaksa urung unjuk kemampuan. Padahal, dia merupakan salah satu perekrutan terbaik yang dilakukan Persebaya untum Liga 1 2023/2024.

Kabar bergabungnya Rivera sudah muncul bahkan saat dia masih membela Madura United yang bertempur di championship series Liga 2023/2024 pada Mei 2024. Namun, dia saat itu masih enggan angkat bicara saat ditanya Bola.com.

Dia juga sudah menjalani sesi pemotretan dengan mengenakan kostum Persebaya yang bocor ke publik pada medio awal Juni 2024. Hanya saja, pihak klub baru saja mengumumkan secara resmi kedatangannya sebagai penggawa baru, Jumat lalu.

"Ya, ini musim baru untuk karier saya. Saya mencoba yang terbaik untuk tim. Dan latihan ini sangat sulit. Tapi ini adalah persiapan yang bagus untuk musim ini," ungkap Rivera.

4 dari 5 halaman

Menyala di Madura

Rivera membawa Madura United meraih titel runner-up Liga 1 2023/2024. Laskar Sapeh Kerrab dipaksa kalah agregat 1-6 dari Persib Bandung dalam dua partai final.

Meski demikian, pemain berusia 29 tahun itu sukses menyabet gelar individu sebagai pemain terbaik Liga 1 2023/2024. Itu berkat performa impresifnya menjalani musim perdana di Indonesia.

Dia tercatat membukukan sembilan gol dan 18 assist dalam 36 penampilan di Liga 1, sejak regular series sampai championship series. Catatan itu membuatnya jadi pemain yang banyak diburu klub dan Persebaya sukses mengamankan tanda tangannya.

Rivera pun melengkapI komposisi trio gelandang Persebaya yang akan berisikan pemain asing. Sebelumnya, pihak Bajul Ijo sudah lebih dulu mengumumkan perekrutan Gilson Costa dan Mohammed Rashid.

5 dari 5 halaman

Makin Ngeri

Komposisi starting eleven Persebaya makin membahayakan jika dua nama ini resmi bergabung. Trisula lini depan mereka juga makin mengerikan dengan dihuni oleh Bruno Moreira, Flavio Silva, dan Malik Risaldi.

Flavio Silva tercatat mampu mencetak 23 gol dalam 29 laga bersama Persik Kediri di Liga 1 musim lalu, hanya kalah dari David da Silva. Sedangkan Malik Risaldi membukukan 13 gol dan empat assist dari 36 pertandingan bersama Madura United.

Trisula lini depan itu ditambah dengan Rivera yang merupakan gelandang serang akan membuat sektor penyerangan Persebaya semakin menakutkan bagi tim lawan di Liga 1 2024/2025.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer