Sukses


Sabet Gelar Juara Piala AFF U-16 2024, Pelatih Australia: Pengalaman Berharga, Terima Kasih Indonesia!

Bola.com, Solo - Timnas Australia U-16 berhasil merengkuh gelar juara Piala Asia U-16 2024. Skuad muda Socceroos mengalahkan Timnas Thailand U-16 lewat drama adu penalti 8-7 di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (3/7/2024) malam WIB.

Pertandingan harus dilanjutkan ke babak tos-tosan setelah kedua tim bermain imbang 1-1 hingga babak perpanjangan waktu. Duel kedua tim memang berjalan sangat ketat dan sengit.

Gol Australia U-16 dicetak Quinn MacNicol pada masa injury time. Sedangkan gol Thailand U-16 dilesakkan Poramet Laoongdi pada menit ke-33.

Ini menjadi gelar ketiga Australia U-16 sepanjang sejarah keikutsertaannya di Piala AFF U-16. Dua trofi sebelumnya didapat pada edisi 2008 dan 2016.

 

 

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pengalaman Berharga

Pelatih Timnas Australia U-16, Bradly John Maloney sangat bangga dengan pencapaian timnya. Dia menyebut gelaran Piala AFF U-16 2024 sangat menantang dan menjadi pengalaman berharga bagi para pemain muda.

"Terima kasih sudah menjamu kami dalam turnamen ini. Tentu ini menjadi pengalaman yang luar biasa buat para pemain. Sangat menantang," ujar Brad Maloney, Rabu (3/7/2024) malam.

"Kami menjalani laga-laga yang cukup sulit pada fase grup. Tentu, lawan Indonesia, di semifinal juga sangat sulit bagi kami dan juga malam hari ini,".

"Selamat juga buat Thailand yang sudah sampai ke final. Tetapi, tentu saja, kami sangat gembira memenangi laga dan turnamen ini," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Menatap Kualifikasi Piala Asia U-17

Setelah ini, kontestan tim bakal berkiprah di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, tak terkecuali Australia U-16. Pada ajang ini, Socceroos masuk Grup F bersama Timnas Indonesia U-17, Timnas Kuwait U-17 dan Timnas Mariana Utara U-17.

Kualifikasi Piala Asia U-17 berlangsung pada 19-27 Oktober 2024. 10 juara grup dan lima runner-up terbaik akan lolos ke putaran final di Arab Saudi pada 3-20 April 2025.

"Untuk AFC Oktober nanti, ketika kami sudah kembali ke Australia kami akan merencanakannya kembali terkait persiapan dan lain-lainnya," papar Brad Maloney saat ditanya perihal persiapan tim menuju Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

"Sepanjang turnamen ini, para pemain telah tampil fantastis. Kami juga akan mencoba pemain-pemain lain. Jadi, sebagian pemain pasti akan ikut dalam skuad nanti tetapi ada juga pemain-pemain lainnya untuk AFC," katanya.

 

4 dari 4 halaman

Sempurna

Australia U-16 menutup Piala AFF U-16 2024 dengan catatan sempurna. Mereka tak tersentuh kekalahan di sepanjang turnamen. Skuad muda Socceroos mengukir 17 gol plus empat kebobolan di lima pertandingan.

Gelandang Australia U-16, Nickolas Gustavo Alfaro, menganggap Piala AFF U-16 2024 sebagai pengalaman menakjubkan buat timnya. Menurutnya, para pemain sudah memperlihatkan performa sangat baik di turnamen ini.

"Saya pikir turnamen ini menjadi pengalaman yang sangat menakjubkan bagi kami. Seluruh tim sudah menunjukkan usaha terbaiknya," ungkapnya.

"Saya pikir kita juga harus kasih ucapan selamat ke para pemain, karena mereka tampil dengan konsisten. Karena usaha semuanya hasil ini bisa diraih," lanjut Nickolas Gustavo Alfaro.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer