Sukses


Zahaby Gholy Sabet Gelar Pemain Terbaik di AFF U-16 2024, Ketua PSSI: Saya Senang Lihat Bakat Muda Indonesia

Bola.com, Solo - Ketua PSSI, Erick Thohir, mengapresiasi pencapaian winger Timnas Indonesia U-16, Muhammad Zahaby Gholy, yang mendapat gelar sebagai pemain terbaik Piala AFF U-16 2024.

Zahaby Gholy mencetak dua gol untuk membantu Timnas Indonesia U-16 menggilas Timnas Vietnam U-16 lima gol tanpa balas di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah Rabu (3/7/2024) malam WIB.

Hasil itu membuat Garuda Muda merengkuh status peringkat ketiga Piala AFF U-16 2024. Dua gol Gholy dicetak pada menit ke-45' dan 78'. Tiga gol lainnya dilesakkan Daniel Alfrido (75', 82') serta Dafa Zaidan (45+3').

"Senang bisa melihat bakat muda Indonesia, Muhammad Zahaby Gholy, terpilih sebagai Best Player di ASEAN U-16 Boys Championship," ujar Erick Thohir di akun Instagram pribadinya, Kamis (4/7/2024).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tak Kalah Saing

Menurut Erick Thohir, Timnas Indonesia U-16 sudah menunjukkan penampilan luar biasa meskipun gagal menyabet gelar juara. Menteri BUMN itu menilai, kualitas skuad besutan Nova Arianto tersebut tak kalah dengan dua tim yang lolos ke final.

"Indonesia berada di peringkat ketiga, namun kita tidak kalah dengan dua tim yang bermain di final yaitu Australia dan Thailand," katanya.

"Apalagi Indonesia bisa menang telak 5-0 atas Vietnam di pertandingan terakhir. Ayo kita harus semangat dan buktikan sepak bola Indonesia bisa lebih baik!," sambung Erick Thohir.

 

3 dari 5 halaman

Pengalaman Berharga

Sementara itu, Zahaby Gholy bersyukur atas pencapaian di Piala AFF U-16 2024. Meski timnya gagal menjadi yang terbaik, winger berusia 15 tahun itu mengaku dapat banyak pelajaran berharga dari turnamen ini.

Gholy tampil apik sepanjang turnamen dengan menyumbang lima gol sekaligus menjadi top skorer Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16.

Empat gol di antaranya tercipta lewat brace masing-masing ke gawang Australia U-16 di babak semifinal dan Vietnam U-16 dalam perebutan tempat ketiga. Torehan ini membuatnya terpilih sebagai man of the match dalam pertandingan itu.

“Alhamdulillah, saya mendapatkan pelajaran berharga karena bisa bermain untuk Timnas Indonesia U-16 hingga meraih peringkat ketiga di Piala AFF U-16 2024,” ungkap Gholy seusai laga.

 

4 dari 5 halaman

Daftar Penghargaan Piala AFF U-16 2024

  • Penjaga Gawang Terbaik: Supakorn Poonphal (Thailand)
  • Pencetak Gol Terbanyak: Nguyen Viet Long (Vietnam), Anthony Didulica (Australia), Quinn Macnicol (Australia)
  • Pemain Terbaik: Muhammad Zahaby Gholy (Indonesia)
  • Peringkat Ketiga: Timnas Indonesia U-16
  • Runner-Up: Timnas Thailand U-16
  • Juara: Timnas Australia U-16
5 dari 5 halaman

Simak Laporan Langsung Bola.com dari Jerman

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Video Populer

Foto Populer