Sukses


Nova Arianto Butuh Amunisi Tambahan untuk Timnas Indonesia U-16: Panggil Pemain Diaspora Baru, Banyak Talenta Belum Terpantau

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, masih akan mencari pemain baru untuk menambah kekuatan timnya seusai Piala AFF U-16 2024. Ada beberapa rencana yang bakal dilakukan menjelang tampil di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Nova Arianto mengatakan, Timnas Indonesia U-16 bakal memanggil pemain-pemain baru. Sebab, tidak semua penggawa yang berlaga di Piala AFF U-16 2024 akan dipertahankan. Rencananya, hanya sekitar 70% dari skuad saat ini yang bakal bertahan.

Untuk nama-nama yang akan dipertahankan, tim pelatih bakal segera menggelar evaluasi. Penampilan para pemain Garuda Muda di Piala AFF U-16 2024 menjadi ukuran utama penilaian tersebut.

Di kejuaraan itu, semua pemain memang sudah mendapatkan menit bermain. Namun, jika melihat distribusi durasi penampilannya, ada beberapa nama pemain yang minim kesempatan bermain.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Datangkan Pemain Baru

Nova memastikan, Timnas Indonesia U-16 akan kembali melihat potensi pemain yang bisa dipanggil untuk TC berikutnya, termasuk amunisi-amunisi diaspora yang sudah mengantongi paspor Indonesia.

Selain itu, tim pelatih juga akan memanggil pemain yang berasal dari seleksi Asprov PSSI. Selain itu, ada pula kejuaraan Liga TopSkor Putaran Nasional yang menjadi lahan mencari talenta baru untuk skuad Garuda Muda.

“Pasti kami akan mengecek lagi pemain-pemain diaspora yang sudah memiliki paspor Indonesia, termasuk pemain-pemain lokal hasil dari seleksi Asprov PSSI yang belum kami pantau,” kata Nova Arianto.

“Ada juga Liga TopSkor Nasional yang akan berjalan pada tanggal 8-12 Juli. Itu yang akan kami lihat. Kami akan panggil mereka dan dilihat siapa saja yang bisa dibawa ke Kualifikasi Piala Asia U-17. Imbuhnya.

3 dari 5 halaman

Kualitasnya Harus Layak

Juru taktik berusia 44 tahun itu menjelaskan, tim pelatih akan berdiskusi dengan penghubung pemain-pemain diaspora. Jika pemain tersebut punya potensi, Nova akan memberikan kesempatan bergabung.

Namun, memang tidak semua pemain diaspora bisa menembus skuad inti. Buktinya, sudah ada beberapa pemain yang tersisih dari proses seleksi, seperti Matthew Kohnke hingga Diego Sinathrya.

“Saya masih menunggu masukan dari beberapa pihak yang biasa berhubungan dengan pemain-pemain diaspora. Siapa pun pemain diasporanya, nanti akan kami lihat,” kata Nova.

“Dan pasti, para pemain diaspora ini harus memiliki paspor Indonesia. Semuanya pasti akan kami lihat siapa saja yang bisa masuk. Kami akan kembali menilai apakah mereka layak atau tidak bergabung di Timnas Indonesia U-16,” lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Dua Pemain Diaspora

Di Piala AFF U-16 2024, Timnas Indonesia U-16 diperkuat dua pemain diaspora, yakni Mathew Baker dan Lucas Raphael Lee. Dari dua nama ini, hanya Baker yang dapat kesempatan bermain reguler.

Sementara itu, Lucas Lee hanya sempat bermain dua kali saja. Salah satu kendala gelandang kelahiran Amerika Serikat ini ialah kondisi kebugarannya yang belum maksimal, sehingga belum banyak diturunkan di Piala AFF U-16 2024.

5 dari 5 halaman

Liputan Bola.com Langsung dari Jerman

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Video Populer

Foto Populer