Sukses


Para Penggawa Timnas Indonesia U-16 dengan Menit Bermain Terbanyak di Piala AFF U-16 2024: Satu Nama Tak Tergantikan!

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, memiliki sejumlah pemain andalan yang tercatat paling banyak mengukir menit bermain sepanjang kejuaraan Piala AFF U-16 2024.

Dari total 23 nama pemain Timnas Indonesia U-16 yang dibawa Nova Arianto di kejuaraan ini, ada tujuh pemain yang tercatat selalu mengukir penampilan pada semua laga, mulai dari fase penyisihan grup hingga babak perebutan peringkat ketiga Piala AFF U-16 2024.

Namun, jika ukurannya dipersempit dengan jumlah menit bermain, ada tiga nama yang tampil menonjol karena mengukir penampilan terbanyak di kejuaraan ini. Bahkan, ada satu nama yang tak tergantikan karena tak pernah diganti.

Para pemain ini punya peran kunci di posisinya masing-masing. Di tengah kebijakan rotasi yang selalu diterapkan Nova Arianto, mereka tetap bisa mendapatkan kepercayaan. Berikut Bola.com menyajikan nama-namanya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Daniel Alfrido

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, tampaknya punya perhatian khusus untuk pemain-pemain yang bisa dimainkan di sejumlah posisi. Salah satu nama yang menonjol yakni Daniel Alfrido.

Winger asal Sidoarjo, Jawa Timur, itu bisa mengisi banyak tempat. Selain menjaga area bek kiri, dia juga piawai untuk mengisi peran lain di pos wingback kiri, wingback kanan, hingga sayap kanan. Itulah sebabnya, dia lebih banyak mendapatkan kesempatan bermain di kejuaraan ini.

Daniel Alfrido tercatat mengukir lima penampilan dengan durasi 360 menit. Dari lima laga, dia tiga kali turun sebagai starter. Kontribusinya juga termasuk oke karena menyumbangkan dua assist dan dua gol. Dua golnya itu dicetak ketika menggasak Vietnam 5-0.

3 dari 5 halaman

Fabio Azka Irawan

Nama selanjutnya yang juga mengukir menit bermain terbanyak di kejuaraan ini ialah Fabio Azka Irawan. Pemain asal Persija Jakarta Youth itu tercatat berhasil mengumpulkan total 371 menit bermain di Piala AFF U-16 2024.

Sepanjang kejuaraan ini, Fabio sudah empat kali turun sebagai starter. Dia juga termasuk sebagai salah satu pemain serbaguna karena bisa menempati sejumlah pos, mulai dari bek kanan hingga bek kiri.

Dari lima laga itu, Fabio sudah menyumbangkan tiga assist. Pemain berusia 16 tahun ini memang punya kemampuan khusus dalam melakukan lemparan jarak jauh hingga eksekusi bola mati. Kapasitas itulah yang menopang Fabio jadi pemain penting Timnas U-16.

4 dari 5 halaman

Putu Panji

Dari seluruh pemain Timnas Indonesia U-16 yang tampil di Piala AFF U-16 2024 ini, I Putu Panji Apriawan menjadi satu-satunya nama yang mendapatkan kesempatan bermain penuh dari Nova Arianto. Posisinya tak bisa digeser oleh siapa pun di jantung pertahanan.

Panji tercatat selalu bermain sebagai starter dan tak tergantikan selama 2x45 menit. Artinya, dari awal fase penyisihan grup hingga laga perebutan peringkat ketiga, dia mengukir total 450 menit bermain di atas lapangan.

Selain statusnya sebagai kapten, pemain berusia 16 tahun ini memang punya tugas penting sebagai koordinator pertahanan. Panji memiliki ketenangan, baik dalam menjaga areanya maupun ketika menjalankan skema build-up.

5 dari 5 halaman

Nikmati Sajian Euro 2024 Eksklusif di Bola.com

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer