Sukses


Cerita di Balik Mental Tangguh Pemain Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024: Tim Psikolog Punya Peran Khusus Nih

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, mengungkapkan pentingnya peran tim psikolog di balik ketangguhan mental anak asuhnya selama mengarungi kejuaraan Piala AFF U-16 2024.

Ketahanan mental memang menjadi salah satu aspek mencolok dari para pemain Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024 ini. Hal ini menjadi salah satu modal Garuda Muda hingga akhirnya merebut peringkat ketiga.

Menurut Nova, tim psikolog membantu para pemain untuk memiliki motivasi yang besar dalam menghadapi setiap pertandingan. Efeknya pun dapat dilihat di lapangan. Pemain punya daya juang yang tinggi dan bisa berjuang hingga akhir laga.

“Di Piala AFF U-16 2024 ini, kami juga memiliki tim psikolog. Itu yang membantu kami apa sih situasi yang membuat pemain punya motivasi lebih. Dan itu salah satu cara yang kita buat agar pemain bisa lebih maksimal,” kata Nova Arianto.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Mentalitas Luar Biasa

Juru taktik berusia 44 tahun itu mengakui, tim psikolog sukses membantu para pemain dalam membangun mentalitas yang tangguh. Nova bilang, mental inilah yang terlihat dari laga awal hingga babak perebutan peringkat ketiga.

Salah satu momen itu dapat dilihat saat menghadapi Australia yang punya kualitas oke. Garuda Muda tak sedikit pun keder. Bahkan, saat harus berjuang dengan 10 pemain, mereka tetap tampil ngotot dan memberikan perlawanan.

“Peran psikolog di Timnas Indonesia U-16 ini cukup baik karena secara mentalitas para pemain jadi sangat luar biasa. Saya lihat, dari pertandingan awal melawan Singapura, sampai laga terakhir melawan Vietnam,” ujarnya.

“Semua pemain bisa tampil maksimal dan bisa bermain selama 90 menit plus tambahan waktu ya. Dan itu yang membuat mentalitas pemain sangat baik. Saya harap menjadi modal mereka ke depannya jadi lebih baik.

3 dari 5 halaman

Cerita Unik

Nova pun menceritakan salah satu kisah di balik kerja tim psikolog Timnas Indonesia U-16. Masing-masing pemain memiliki inisial tertentu yang ditempelkan di atas tas yang mereka gunakan.

Ada huruf-huruf tertentu yang melekat pada setiap pemain. Menurut Nova, huruf ini menyimbolkan salah satu kelebihan yang dimiliki masing-masing anak asuhnya. Harapannya, mereka bisa termotivasi untuk memaksimalkan kelebihan tersebut.

“Ini dimaksudkan biar pemain merasa apa yang sebetulnya menjadi kelebihan dari pemain. Misalnya, N artinya nasionalis, F bermakna fighter. Itu agar pemain bisa lebih terpacu lagi,” katanya.

4 dari 5 halaman

Tantangan Berikutnya

Setelah menuntaskan perjuangannya di Piala AFF U-16 2024, Timnas Indonesia U-16 akan kembali bersiap untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2024. Di ajang ini, Garuda Muda bersaing melawan Australia, Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara.

Seluruh pertandingan di grup ini akan berlangsung di Kuwait yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Garuda Muda akan menghadapi tiga pertandingan yang dimulai pada 23 hingga 27 Oktober 2024.

5 dari 5 halaman

Liputan Bola.com Langsung dari Jerman

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer