Sukses


Pengamat Bola: Timnas Indonesia U-16 Punya Mental Pemenang, Pertahankan!

Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia U-16 memang gagal mempertahankan gelar juara di Piala AFF U-16, namun performa Garuda Muda di ajang tersebut patut diacungi jempol. Pujian itu datang dari pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwan.

Timnas Indonesia U-16 memungkasi turnamen dua tahunan itu dengan finis di peringkat ketiga. Armada Nova Arianto mengalahkan Timnas Vietnam U-16 dalam perebutan tempat ketiga di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (3/7/2024) sore WIB.

Pada laga ini, Garuda Muda menang dengan skor sangat telak 5-0. Gol kemenangan Timnas Indonesia U-16 dicetak masing-masing via brace Zahaby Gholy (45', 78') dan Daniel Alfrido (75', 82'), serta Dafa Zaidan (45+3').

"Saya kira prestasi yang bagus meskipun tidak menjadi juara tapi performa pemain selama Piala AFF U-16 cukup menjanjikan dengan memainkan game plan yang cukup bagus," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Kamis (4/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Mentalitas

Menurut Erwan Hendarwanto, mentalitas menjadi kunci kemenangan Timnas Indonesia U-16 atas Vietnam U-16. Permainan yang ditunjukkan anak-anak Indonesia pada laga itu sangat luar biasa. Mereka bermain tanpa beban meski sehari sebelumnya kalah menyesakkan kontra Australia U-16 pada semifinal.

"Performa baik juga yang akhirnya bisa mengalahkan Vietnam dengan skor cukup besar, yang harus di apresiasi adalah mentalitas yang terjaga meskipun di semifinal lawan Australia mengalami kekalahan," katanya.

"Kembalinya mental pemenang saat melawan Vietnam patut dibanggakan mengingat pemain-pemain muda biasa labil tapi pemain-pemain U-16 mampu mengatasinya," ucap asisten pelatih PSIM Yogyakarta tersebut.

3 dari 4 halaman

Hanya Sekali Kalah

Kiprah Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024 terbilang cukup menjanjikan. Sepanjang turnamen mereka hanya menelan sekali kekalahan dan mengepak empat kemenangan dari lima laga yang dijalani.

Garuda Muda membekuk Singapura U-16 dan Filipina U-16 dengan skor identik 3-0. Kemudian membabat habis Laos U-16 dengan skor 6-1 serta Vietnam U-16 5-0 dan kalah 3-5 dari Australia U-16. Timnas Indonesia U-16 juga mengukir 20 gol plus kebobolan empat kali.

4 dari 4 halaman

Daftar Penghargaan Piala AFF U-16 2024

Penjaga Gawang Terbaik: Supakorn Poonphal (Thailand)

Pencetak Gol Terbanyak: Nguyen Viet Long (Vietnam), Anthony Didulica (Australia), Quinn Macnicol (Australia)

Pemain Terbaik: Muhammad Zahaby Gholy (Indonesia)

Peringkat Ketiga: Timnas Indonesia U-16

Runner-Up: Timnas Thailand U-16

Juara: Timnas Australia U-16

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer