Sukses


Piala AFF U-16 2024 di Solo Sukses Terapkan VAR, PSSI dan Erick Thohir Dapat Apresiasi Khusus dari AFF

Bola.com, Jakarta - PSSI mendapatkan apresiasi khusus dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) setelah berhasil menerapkan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di ajang Piala AFF U-16 2024.

Penyelenggaraan Piala AFF U-16 2024 yang telah selesai digulirkan di Kota Solo itu menjadi kejuaraan pertama di bawah naungan AFF yang menerapkan VAR. Teknologi ini mulai digunakan pada fase semifinal hingga final.

Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth, memberikan apresiasi khusus untuk Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, beserta jajarannya yang sukses membantu penerapan teknologi ini di Piala AFF U-16 2024.

Selain itu, asistensi penuh yang disediakan oleh FIFA dan AFC juga ikut membantu suksesnya implementasi VAR pada empat pertandingan yang tersaji pada fase gugur kejuaraan tersebut.

“Saya mencerminkan apresiasi Dewan AFF dengan mengucapkan terima kasih kepada FIFA, AFC, Erick Thohir, dan rekan-rekan di PSSI atas bantuan besar yang diberikan dalam penerapan VAR di Piala AFF U-16 2024,” ujar Khiev Sameth melalui keterangan resminya, Kamis (4/7/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tim Proyek VAR

Lelaki yang telah menjabat sebagai Presiden AFF sejak 2019 itu juga melayangkan apresiasi kepada beberapa pihak yang membantu kelancaran penerapan VAR di ajang Piala AFF U-16 2024.

AFF memiliki Tim Proyek VAR yang dikomandoi oleh Viphet Sihachakr. Ada pula Sekjen AFF, Winston Lee, serta Rodzali Yakob yang telah mengawal tim wasit yang bertugas di kejuaraan tersebut.

“Selain itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim Proyek VAR yang diketuai oleh Viphet Sihachakr, Sekretaris Jenderal AFF, Winston Lee, serta Rodzali Yakob, dan tim wasitnya, atas upaya mereka tiada henti selama proses penerapan,” ujar Sameth.

3 dari 5 halaman

VAR Mulai Digunakan

Rencananya, AFF akan secara bertahap memperkenalkan VAR di kompetisi lainnya yang dimulai dengan kejuaraan Piala AFF U-19 2024 yang bakal bergulir di Surabaya pada 17 hingga 29 Juni 2024.

Selain itu, teknologi yang sama juga akan digunakan pada kejuaraan Piala AFF Antarklub 2024/2025 pada tanggal 21 Agustus 2024 hingga 21 Mei 2024, serta Piala AFF 2024 yang akan bergulir pada 23 November hingga 21 Desember 2024.

4 dari 5 halaman

VAR Mili PT LIB

Upaya mendorong penerapan Video Assistant Referee (VAR) di ajang ini sekaligus menjadi ajang uji coba teknologi tersebut yang rencananya akan diimplementasikan secara penuh pada Liga 1 musim 2024/2025.

Sebab, teknologi VAR yang digunakan di Piala AFF U-16 2024 merupakan perangkat yang telah dimiliki oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang sebelumnya dipakai pada fase championship series Liga 1 musim lalu.

5 dari 5 halaman

Liputan Bola.com dari Jerman

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer