Sukses


Marselino Ferdinan Dukung Target Shin Tae-yong pada Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Kami Percaya Diri

Bola.com, Jakarta - Marselino Ferdinan menganggap target pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia masuk akal.

Sebelum pengundian putaran ketiga fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2026, Shin Tae-yong ingin membawa Timnas Indonesia finis di peringkat ketiga atau keempat.

Dalam drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 27 Juni 2024, Skuad Garuda masuk grup neraka dengan tiga langganan lolos ke putaran final, yakni Timnas Jepang, Timnas Australia, dan Timnas Arab Saudi.

Selain itu, Timnas Indonesia juga bakal berhadapan dengan dua kesebelasan berperingkat 90 besar dunia yang masuk daftar 13 tim terbaik Asia, Timnas Bahrain dan Timnas China.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Keyakinan Marselino Ferdinan

"Kami percaya diri saja. Kami optimistis. Kami mempunyai tim yang bagus dan komposisi tim yang berpengalaman di setiap lini," ujar Marselino Ferdinan.

"Ya, kami percaya bisa berada di peringkat ketiga atau keempat Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2026. Masuk akal juga," ucap gelandang Timnas Indonesia berusia 19 tahun tersebut.

FIFA memberikan jatah untuk AFC sebanyak 8,5 tiket ke Piala Dunia 2026, dengan enam di antaranya akan menjadi milik tiga juara dan runner-up grup putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

3 dari 5 halaman

Juara dan Runner-up Grup Lolos ke Piala Dunia 2026

Sementara itu, tim peringkat keempat dan kelima bakal bermain pada putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 untuk memperebutkan 2,5 tiket tersisa, termasuk bertanding di play-off antar-konfederasi.

Adapun tim posisi kelima dan keenam akan tersingkir dari Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

"Jika dalam drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, kami mendapatkan tiga tim yang masih mungkin bisa kita hadapi," ujar Shin Tae-yong pada 14 Juni 2024 dinukil dari media Korea Selatan, Yonhap.

 

4 dari 5 halaman

Realistis

"Kami bisa mencoba untuk mencapai posisi 3-4. Dengan begitu, kami bisa menargetkan putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026. Bahkan kami mempertimbangkan play-off antarkonfederasi," ucap Shin Tae-yong.

Secara ranking FIFA, Timnas Indonesia yang menempati peringkat ke-134 kalah jauh dari Jepang di posisi ke-17, Australia ke-23, Arab Saudi ke-56, Bahrain ke-81, dan China ke-88.

Target paling realistis untuk Timnas Indonesia adalah bersaing dengan Bahrain dan China untuk merebut peringkat keempat Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 demi melaju ke putaran keempat.

5 dari 5 halaman

Saksikan Liputan Eksklusif Euro 2024 di Bola.com

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer