Sukses


Pengamat Soal Performa 2 Pemain Diaspora Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 finis di peringkat ketiga Piala AFF U-16 2024. Keberhasilan itu didapat setelah Tim Garuda Muda menumbangkan Timnas Vietnam U-16 dalam laga perebutan tempat ketiga.

Pada pertandingan itu, Timnas Indonesia U-16 mengalahkan Vietnam U-16 lima gol tanpa balas di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (3/7/2024) sore WIB.

Gol kemenangan Tim Merah-Putih dicetak masing-masing via brace Zahaby Gholy (45', 78') dan Daniel Alfrido (75', 82'). Satu gol lainnya dilesakkan Dafa Zaidan (45+3').

Pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto, memuji pencapaian Timnas Indonesia U-16 di turnamen tersebut. Meski gagal menjadi yang terbaik, secara permainan dia menilai skuad Garuda Muda menunjukkan performa jempolan.

Menurut Erwan para pemain Timnas Indonesia U-16 memperlihatkan daya juang yang oke sepanjang turnamen. Tak terkecuali dua pemain diaspora, Mathew Baker dan Lucas Lee.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Skill Individu Mumpuni

Erwan Hendarwanto secara khusus memberikan penilaian terhadap kinerja dua pemain diaspora di Piala AFF U-16 2024. Arsitek asal Magelang, Jawa Tengah itu menyebut Baker dan Lucas memiliki skill individu yang sama baiknya.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, memberikan kesempatan bermain untuk Mathew Baker dan Lucas Lee. Baker tampil sebanyak empat laga bersama Timnas Indonesia U-16, sedangkan Lee bermain dua kali.

Asisten pelatih PSIM Yogyakarta itu menilai, kehadiran Mathew Baker membuat lini pertahanan Garuda Muda menjadi lebih tenang. Menurutnya, pemain berdarah Australia itu selalu bisa manjawab kepercayaan pelatih.

"Untuk pemain diaspora cukup baik terutama Mathew Baker yang mempunyai pembawaan tenang dan mampu mengkoordinir lini pertahanan dengan baik," ujar Erwan Hendarwanto kepada Bola.com, Jumat (5/7/2024).

 

3 dari 5 halaman

Punya Keunggulan

Mathew Baker memiliki keunggulan karena bisa bermain di sejumlah posisi. Selain bek tengah dan fullback kiri, dia juga biasa diplot sebagai gelandang bertahan. Dalam laga kontra Laos, Baker sempat digeser menempati pos gelandang bertahan.

Lantas, bagaimana dengan Lucas Lee? "Sama bagusnya, tetapi mungkin bisa ditingkatkan lagi dari segi kebugaran. Keduanya akan terus berproses jadi pemain berkualitas di masa depan," kata Erwan Hendarwanto.

Apa yang disampaikan Erwan Hendarwanto sejalan dengan pernyataan Nova Arianto beberapa waktu lalu. Saat itu, pelatih berusia 44 tahun tersebut menilai, Lucas Lee belum memiliki kebugaran fisik yang prima.

Namun, Nova Arianto yakin Baker dan Lucas bisa terus berkembang jadi lebih baik lagi. Sebab, mereka punya potensi untuk menjadi tulang punggung Timnas Indonesia U-16 pada ajang-ajang berikutnya.

 

4 dari 5 halaman

Menjanjikan

Kiprah Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024 terbilang cukup menjanjikan. Sepanjang turnamen mereka hanya menelan sekali kekalahan dan mengepak empat kemenangan dari lima laga yang dijalani.

Garuda Muda membekuk Timnas Singapura U-16, Filipina U-16, Laos U-16, dan Vietnam U-16. Lalu, kalah dari Australia U-16. Timnas Indonesia U-16 juga mengukir 20 gol plus kebobolan enam kali.

Setelah menuntaskan kiprah di Piala AFF U-16 2024, Timnas Indonesia U-16 akan kembali bersiap untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2024. Tim Garuda Muda tergabung di Grup G bersama Australia, Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara.

Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 diikuti 43 negara yang dibagi ke 10 grup. Masing-masing grup berisikan empat hingga lima kontestan. Fase ini digelar pada 19-27 Oktober 2024.

5 dari 5 halaman

Simak Liputan Eksklusif Euro 2024 di Bola.com

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Video Populer

Foto Populer