Sukses


Liga 1: Persebaya Sudah Punya 5 Pemain Asing, Satu Lagi Datang Pekan Ini

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya sudah mengumumkan enam pemain asing untuk Liga 1 2024/2025. Mereka adalah Flavio Silva, Bruno Moreira, Francisco Rivera, Gilson Costa, dan Mohammed Rashid.

Sesuai rencana, klub berjulukan Bajul Ijo itu akan merekrut enam pemain asing dulu, meski regulasi Liga 1 membolehkan mendatangkan delapan nama impor. Lantas, kapan pemain asing terakhir Persebaya Surabaya akan datang?

“Pekan ini dia datang. Saya bilang, saya akan fokus pada enam pemain asing. Satu lagi akan datang pekan ini. Jadi tunggu saja,” kata Paul Munster, pelatih Persebaya.

Dari lima pemain asing Persebaya Surabaya, tak ada satu pun yang berposisi sebagai pemain belakang. Flavio adalah striker, sedangkan Bruno merupakan winger kiri. Tiga nama lainnya berposisi sebagai gelandang.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

Berposisi Bek

Satu pemain asing yang akan datang ini diyakini akan mengisi posisi bek tengah. Nama yang sudah santer muncul terdengar adalah bek asal Montenegro, Slavko Damjanovic.

Nama Damjanovic tentu masih sangat asing bagi publik pencinta sepak bola Indonesia. Sang pemain tercatat banyak membela klub negaranya, dan beberapa musim terakhir tercatat berkarier di India.

Slavko Damjanovic kemungkinan akan jadi satu-satunya pemain asing yang berposisi sebagai pemain belakang Persebaya Surabaya. Lini pertahanan kemungkinan akan lebih banyak mengandalkan pemain lokal.

 

3 dari 8 halaman

Bersaing dengan Pemain Lokal

Paul Munster berharap keberadaan para pemain asing bisa melahirkan persaingan dengan pemain lokal. Para pemain lokal juga diharapkan mampu belajar banyak dari pemain asing.

“Ini merupakan persaingan yang bagus bagi pemain lokal, karena mereka tahu bahwa mereka sekarang harus berjuang. Sekarang persaingannya banyak, karena tahun ini kami fokus pada kualitas, bukan kuantitas,” kata Munster.

Daftar pemain Persebaya musim ini akan penuh sesak berisikan legiun asing di lini tengah. Seperti disebutkan, akan ada tiga pemain asing di posisi gelandang, yakni Gilson, Rivera, dan Rashid.

 

4 dari 8 halaman

Lini Tengah Semakin Kuat

Sesuai skema, Persebaya biasanya memainkan formasi 4-3-3 yang memungkinkan ada tiga gelandang yang dimainkan bersamaan. Situasinya memperlihatkan bahwa trio gelandang Bajul Ijo bakal diisi pemain asing.

Hal itu membuat Andre Oktaviansyah dan Muhammad Hidayat wajib bersaing dengan gelandang asing. Situasi ini justru akan menambah semangat pemain lokal untuk bisa belajar banyak dari pemain impor.

Masuknya pemain anyar Gilson Costa membuat kedalaman lini tengah Persebaya semakin kuat. Dia tercatat pernah membela Timnas Portugal kelompok usia, yakni U-18, U-19, dan U-20.

 

5 dari 8 halaman

Cukup dengan 6 Pemain Asing

Sementara itu, dua nama yang belum diperkenalkan lebih dulu berpengalaman di Liga 1. Francisco Rivera misalnya yang sukses menyabet gelar Pemain Terbaik Liga 1 2023/2024 dan membawa Madura United jadi runner-up.

Lalu, Mohammed Rashid yang notabene gelandang Timnas Palestina malah lebih berpengalaman di Indonesia. Dia sempat membela Persib Bandung dan musim lalu tercatat berseragam Bali United.

Untuk saat ini, Paul Munster merasa Persebaya cukup dengan enam pemain asing. Dia belum memikirkan kemungkinan untuk menambah dua pemain asing lagi.

 

6 dari 8 halaman

Bisa Bermain di Posisi Berbeda

“Tidak banyak pemain tahun ini, hanya fokus pada sejumlah pemain tertentu karena beberapa pemain dapat memainkan beberapa posisi berbeda. Ini bagus bagi saya untuk situasi taktis,” ungkap Munster.

“Tim ini akan jadi bagus. Baik pemain lokal maupun asing, kami melakukan pemeriksaan latar belakang terhadap semua pemain baru yang masuk. Semua orang bagus dan itu penting untuk tim,” imbuh pelatih berusia 42 tahun itu.

Persebaya Surabaya melakukan banyak perombakan memasuki musim baru. Hal itu berkaca pada hasil Liga 1 2023/2024 dengan menduduki posisi ke-12 klasemen akhir yang terbilang paling buruk dalam lima musim terakhir.

7 dari 8 halaman

Simak Liputan Eksklusif Euro 2024 di Bola.com

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

8 dari 8 halaman

Posisi Akhir Musim Lalu

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer