Sukses


Nova Arianto Taruh Harapan Besar untuk Gelandang Diaspora Timnas Indonesia U-16: Semoga Bisa Gabung TC dari Awal agar Fisiknya Optimal

Bola.com, Solo - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, memiliki harapan yang sangat besar terhadap gelandang pemain diaspora, Lucas Raphael Lee, seusai merampungkan perjuangan di Piala AFF U-16 2024.

Jika dibandingkan pemain-pemain Timnas Indonesia U-16 lainnya, Lucas Lee menjadi salah satu nama yang minim kesempatan bermain di Piala AFF U-16 2024. Sebab, dari fase awal hingga laga terakhir, dia hanya bermain sebanyak dua kali.

Pada pertandingan perebutan peringkat ketiga melawan Vietnam, misalnya, Lucas yang diturunkan sebagai starter terlihat kurang maksimal. Dia pun langsung ditarik keluar pada menit ke-37 dan digantikan oleh Evandra Florasta.

Nova menjelaskan, pergantian ini harus dilakukan karena kondisi fisik Lucas masih belum optimal. Sebab, pemain kelahiran Amerika Serikat itu level kebugarannya belum seoptimal rekan-rekannya.

“Untuk masalah pergantian Lucas Lee, memang dia pemain yang bagus. Namun, memang dari segi fisik, Lucas belum bisa beradaptasi cepat dengan situasi di Timnas Indonesia U-16,” kata Nova Arianto.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Jadi Catatan Khusus

Nova memang sebelumnya sudah menjelaskan kondisi tersebut. Meskipun pemain asal klub De Anza Force itu punya kualitas oke, tetapi kondisi kebugaran menjadi kendala terbesarnya di Piala AFF U-16 2024.

Sebelum kejuaraan ini, Lucas memang jadi salah satu pemain yang bergabung paling akhir. Dia baru mengikuti persiapan ketika pemusatan latihan skuad Garuda Muda sudah bergeser ke Kota Solo pada awal Juni lalu.

“Dan itu sudah saya sampaikan dari awal bahwa kualitas Lucas sebetulnya cukup baik, tetapi ada catatan khusus untuk dia, hal ini menyangkut masalah kondisi fisiknya,” kata pelatih berusia 44 tahun itu.

3 dari 5 halaman

Gabung Lebih Awal

Oleh karena itu, Nova berharap pemain kelahiran 24 Februari 2008 itu bisa bergabung lebih awal ketika Timnas Indonesia U-16 kembali menggelar pemusatan latihan (TC) untuk bersiap menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Sebab, jika dia sudah mengikuti latihan lebih awal, kondisi fisiknya bisa digenjot secara lebih maksimal. Dengan demikian, dia bisa memiliki ketahanan fisik yang selevel dengan para penggawa Garuda Muda.

“Dan saya berharap, nanti saat kami kembali melakukan persiapan, Lucas bisa bergabung dari awal. Sehingga, secara fisik, Lucas sudah bisa sama seperti rekan-rekannya yang lain,” ujar Nova Arianto.

4 dari 5 halaman

Minim Kesempatan

Lucas Raphael Lee memang cukup beruntung karena Nova Arianto menerapkan kebijakan rotasi pemain selama Piala AFF U-16 2024. Dia setidaknya tercatat bermain dua kali sebagai starter melawan Filipina dan Vietnam.

Namun, karena kendala kebugaran, durasi penampilannya tak berlangsung lama. Pada laga melawan Filipina, dia hanya mengukir 45 menit. Sedangkan laga melawan Vietnam hanya berlangsung selama 37 menit.

5 dari 5 halaman

Nikmati Sajian Euro 2024 Eksklusif di Bola.com

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Video Populer

Foto Populer