Sukses


Target Tinggi Kapten Timnas Indonesia U-16 seusai Piala AFF U-16 2024: Singgung Mimpi Berkarier di Luar Negeri

Bola.com, Solo - Kapten Timnas Indonesia U-16, I Putu Panji Apriawan, menyimpan mimpi yang besar setelah berjuang bersama rekan-rekannya di Piala AFF U-16 2024. Ada beberapa ambisi yang ingin diraih Panji, termasuk soal rencana berkarier di luar negeri.

Di Piala AFF U-16 2024, I Putu Panji memang menjadi salah satu pemain yang tampil menonjol bersama Timnas Indonesia U-16. Selain berperan sebagai kapten, posisinya juga tak pernah tergantikan di jantung pertahanan.

Salah satu keunggulan yang menonjol dari pemain asal Bali United Youth ini ialah aspek kepemimpinan. Sebab, saat timnya sempat menghadapi friksi dengan pemain Australia di semifinal, dia tak bisa menjaga emosinya dan menjadi penengah keributan ini.

Peran krusial pemain bernomor punggung empat itu juga dapat dilihat dari statusnya sebagai salah satu amunisi tak tergantikan di skuad Garuda Muda. Lalu, apa rencana Panji setelah merengkuh peringkat ketiga di kejuaraan ini? 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Berkarier di Luar Negeri

Pemain asal Tabanan, Bali, itu sudah memiliki bayangan soal target yang ingin diraih di masa mendatang. Tentu, Panji bakal berusaha untuk bisa terus berkembang hingga menembus skuad senior Bali United.

Sebab, dengan menjejaki level profesional, pemain berusia 16 tahun itu bisa memperjuangkan mimpi besarnya sebagai pesepak bola, yakni melanjutkan karier di luar negeri.

“Setelah bersama Timnas Indonesia U-16, saya memiliki target untuk bermain di liga profesional terlebih dahulu. Baru setelah itu, saya ingin abroad untuk melanjutkan karier ke luar negeri,” ujar Panji.

 

3 dari 4 halaman

Ingat Pesan Nova

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, ingin seluruh pihak untuk bersabar dengan perkembangan anak asuhnya. Dia tak ingin terburu-buru pemainnya menjejaki level yang lebih tinggi.

Juru taktik berusia 44 tahun itu berharap, mereka bisa melewati proses yang semestinya di usia muda. Sehingga, saat nantinya sudah matang, para pemain Timnas U-16 ini bisa mencapai level senior.

“Karena saya tidak ingin terburu-buru agar pemain ini bisa lebih cepat naik kelas. Saya berharap pemain ini bisa mengikuti prosesnya. Mereka harus melalui alurnya dari bawah, dari U-16, U-17, sampai nanti akhirnya bisa ke level senior.

 

4 dari 4 halaman

Kontribusi Besar Panji

Dari seluruh pemain Timnas Indonesia U-16 yang tampil di Piala AFF U-16 2024 ini, I Putu Panji Apriawan menjadi satu-satunya nama yang mendapatkan kesempatan bermain penuh dari Nova Arianto. Posisinya tak bisa digeser oleh siapa pun di jantung pertahanan.

Panji tercatat selalu bermain sebagai starter dan tak tergantikan selama 2x45 menit. Artinya, dari awal fase penyisihan grup hingga laga perebutan peringkat ketiga, dia mengukir total 450 menit bermain di atas lapangan.

Selain statusnya sebagai kapten, pemain berusia 16 tahun ini memang punya tugas penting sebagai koordinator pertahanan. Panji memiliki ketenangan, baik dalam menjaga areanya maupun ketika menjalankan skema build-up.A

Video Populer

Foto Populer