Sukses


Jelang Piala AFF U-19 2024, Bakal Ada Inspeksi 2 Stadion di Surabaya

Bola.com, Surabaya - Kota Surabaya sedang mematangkan persiapan akhir untuk menjadi tuan rumah Piala AFF U-19 2024. Turnamen itu rencananya akan digelar pada 17-29 Juli 2024 atau kurang dari sebulan lagi.

Pemkot Surabaya telah melakukan berbagai perbaikan fasilitas venue untuk menyambut Piala AFF U-19 2024. Ada dua stadion yang jadi venue pertandingan, yakni Stadion Gelora 10 November (G10N/Tambaksari) dan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Beberapa waktu lalu, sempat ada inspeksi yang dilakukan Tournament Director PSSI, Ronny J. Suhatril dan Komisaris FIFA serta AFF, Mohd Saifuddin Abu Bakar, di Stadion GBT.

Mereka tak memberikan catatan khusus mengingat pada saat itu PSSI dan FIFA menilai Stadion GBT sudah sesuai dengan standar yang ditentukan. Menurutnya, catatan paling mayor dalam inspeksi venue Piala AFF U-19 2024 hanya ditujukan pada Stadion G10N Tambaksari.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Pengecekan Terakhir

Kini, sudah tersisa 10 hari untuk melakukan persiapan terakhir. Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menyebut pihak AFF bakal melakukan pengecekan terakhir sebelum Piala AFF U-19 2024 digelar.

“Sudah dicek sama AFF beberapa kali, nanti InsyaAllah pada minggu depan, dalam minggu terakhir untuk mengecek. Jadi akan ada pengecekan kembali, baik dari lampu, dari semua yang akan dicek kembali,” kata Eri Cahyadi di GBT, Minggu (7/7/2024).

“Pengecekan yang beberapa kali sebelumnya sudah berjalan dengan baik, tidak ada masukan, tapi untuk persiapan itu akan dicek kembali. Yang dicek itu ada dua tempat, GBT sama Tambaksari. Jadi mulai kamar mandi sampai lampu itu dicek semua,” imbuhnya.

 

3 dari 6 halaman

Sudah Sesuai Arahan

Sebelumnya, Pemkot Surabaya juga sudah melakukan pembenahan di area ruang ganti pemain Stadion G10N Tambaksari. Sejauh ini persiapan untuk menyambut Piala AFF U-19 sudah dilakukan sesuai dengan arahan FIFA, AFF, dan PSSI.

Tak banyak perbaikan untuk persiapan Piala AFF U-19 2024. Sebab, Kota Surabaya sebelumnya juga telah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 pada medio November tahun lalu.

Pada Piala Dunia U-17 2023, Stadion GBT menjadi venue untuk pertandingan, sedangkan Stadion G10N dijadikan sebagai lapangan latihan. Kualitas lapangan dan stadion tentu sudah berstandar FIFA sehingga tidak memerlukan banyak perbaikan.

 

4 dari 6 halaman

Tak Banyak Perbaikan

Secara kualitas lapangan, tak banyak perbaikan yang perlu dilakukan. Apalagi, dua stadion tuan rumah juga masih sering dipakai untuk menggelar pertandingan atau latihan tim Liga 1, Persebaya Surabaya.

“Minggu depan sudah dicek terakhir. Yang Tambaksari juga menambah lampu hari ini. Karena berbeda, ada tambahan-tambahan sesuai dengan apa yang disampaikan oleh panitianya, AFF,” kata Eri Cahyadi.

 

5 dari 6 halaman

Timnas Indonesia U-19 Bertanding di GBT

Timnas Indonesia U-19 sendiri akan bersaing di Grup A bersama Timor Leste, Filipina, dan Kamboja. Semua pertandingan tim Garuda rencananya akan digelar di Stadion GBT.

Sedangkan Grup B dan Grup C dimainkan di Stadion G10N. Grup B berisikan Laos, Vietnam, Myanmar, dan Australia. Lalu, Grup C melahirkan persaingan Malaysia, Thailand, Singapura, dan Brunei.

Dalam edisi ini, hanya tim berstatus juara grup yang dipastikan melaju ke fase gugur, tepatnya semifinal. Sementara itu, tim runner-up hanya diambil satu dari tiga grup tersebut.

6 dari 6 halaman

Saksikan Liputan Eksklusif Euro 2024 di Bola.com

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer