Sukses


Deretan Bintang BRI Liga 1 yang Bersinar Musim Lalu dan Resmi Berkostum pada Musim Depan

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2024/2025 akan dimulai sebulan lagi, tepatnya pada 9 Agustus 2024. Klub-klub kontestan mulai berbenah melakukan perubahan skuad, maupun jajaran pelatih menatap musim baru.

Kompetisi musim lalu masih menyisakan banyak cerita. Seperti David da Silva misalnya yang akhirnya meraih gelar individu top scorer sekaligus trofi juara BRI Liga 1 2023/2024 bersama Persib Bandung.

David masih akan membela Tim Maung Bandung pada musim baru bersama sejumlah nama lainnya, macam Ciro Alves yang juga jadi tulang punggung klub. Komposisi Persib kemungkinan tak banyak berubah.

Hal berbeda terjadi pada Madura United yang merupakan runner-up musim lalu. Klub yang dijuluki Laskar Sapeh Kerrab tersebut justru ditinggal banyak pemainnya yang memilih hengkang dan bergabung klub lain.

Borneo FC yang berstatus juara regular series menunjukkan tanda-tanda tak banyak perubahan. Hal yang sama terjadi pada Bali United yang tidak banyak melakukan perombakan skuad.

Sementara itu, Persebaya Surabaya terlihat membangun tim baru yang lebih kuat. Langkah yang sama diambil sang rival, Arema FC, yang juga coba memperbaiki materi pemain menghadapi musim baru.

Sejumlah pemain bintang BRI Liga 1 musim lalu memutuskan berganti seragam klub. Siapa saja mereka? Simak ulasan berikut:

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 9 halaman

Flavio Silva

Striker asal Portugal ini merupakan pencetak gol terbanyak kedua dengan 23 gol di Liga 1 musim lalu, dan hanya kalah dari David da Silva. Flavio da Silva pun mengakhiri masa bakti 1,5 tahun membela Persik.

Dia memilih bergabung ke Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2024/2025. Di bawah arahan pelatih Paul Munster, Flavio ingin mencoba suasana baru bersama klub asal Kota Pahlawan tersebut.

 

3 dari 9 halaman

Francisco Rivera

Nama satu ini termasuk yang bersinar di Liga 1 2023/2024. Francisco Rivera sukses membawa Madura United masuk final, meski akhirnya jadi runner-up karena kalah dari Persib.

Gelandang asal Meksiko itu juga meriah titel individu sebagai pemain terbaik musim lalu. Setelah musim perdana di Indonesia yang mengesankan, Rivera memutuskan hijrah dari Pulau Garam dan kini jadi rekan setim Flavio Silva di Persebaya.

 

4 dari 9 halaman

Hugo Gomes Jaja

Sosok gelandang asla Brasil ini juga jadi pemain papan atas sejak membela Madura United mulai 2021. Setelah tiga musim berseragam Laskar Sapeh Kerrab, Hugo Gomes Jaja mengakhiri petualangannya dengan hengkang.

Jaja kini resmi membela Dewa United yang membangun skuad lebih baik. Setelah berpengalaman tiga tahun bersama Madura United, Jaja berpotensi memberi kejutan bersama klub barunya.

 

5 dari 9 halaman

Kenzo Nambu

Gelandang berpaspor Jepang ini sudah dua musim berkarier di Indonesia bersama PSM Makassar. Pada musim perdana, dia mempersembahkan trofi Liga 1 2022/2023.

Musim lalu, PSM gagal juara, tapi Kenzo Nambu membukukan 14 gol dan itu jadi terproduktif di timnya. Memasuki Liga 1 2024/2025, Nambu memutuskan menerima tawaran Bali United.

 

6 dari 9 halaman

Malik Risaldi

Winger berusia 27 tahun ini jadi pemain lokal yang paling bersinar di Liga 1 2023/2024. Dia membawa Madura United runner-up, tapi juga sukses mencetak 13 gol, jadi pemain lokal paling subur.

Malik Risaldi juga mengikuti jejak Rivera dan Jaja yang meninggalkan Pulau Garam. Kini, Malik jadi rekan setim Flavio Silva dan Rivera yang mencoba peruntungan bersama Persebaya.

 

7 dari 9 halaman

Gustavo Tocantins

Striker berusia 28 tahun itu sempat menjalani musim istimewa dengan menyumbang 13 gol untuk Barito Putera di Liga 1 2023/2024. Dia pun mengakhiri pengabdian selama 1,5 musim dengan mencetak 21 gol untuk Laskar Antasari.

Gustavo Tocantins kini telah menjadi bagian dari PSS Sleman. Memasuki musim baru, dia memilih klub baru untuk mencoba peruntungan lebih baik.

 

8 dari 9 halaman

Taisei Marukawa

Nama Taisei Marukawa sudah sangat dikenal publik sejak bergabung dengan Persebaya di Liga 1 2021/2022. Dia juga meraih titel pemain terbaik musim itu. Dua musim terakhir, Marukawa tercatat membela PSIS Semarang.

Namun, kini pemain asal Jepang itu telah bergabung Dewa United. Dia menambah kekuatan tim barunya bersama Jaja. Potensinya sangat mungkin lebih berkembang melihat Dewa United serius membenahi timnya.

9 dari 9 halaman

Simak Liputan Eksklusif Euro 2024 di Bola.com:

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer