Sukses


Pengakuan Shin Tae-yong Setelah Perpanjang Kontrak di Timnas Indonesia: Saya Tak Pernah Ditawari Kembali ke Timnas Korea Selatan

Bola.com, Seoul - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, buka-bukaan tentang apa yang terjadi sebelum meneken kontrak baru bersama Tim Merah Putih. Dia mengatakan tidak pernah dihubungi untuk melatih Timnas Korea Selatan. 

Seperti diketahui, Shin Tae-yong baru saja menandatangani kontrak baru di Timnas Indonesia hingga 2027. Ia baru meneken kontrak pada akhir Juni, hanya  beberapa hari sebelum kontrak lamanya di Timnas Indonesia habis. 

Sementara itu, Shin Tae-yong buka suara setelah kontraknya diperpanjang oleh PSSI untuk memimpin Timnas Indonesia untuk tiga tahun ke depan.

"Kami telah memutuskan untuk bekerja sama dengan Ketua Erick Thohir hingga 2027. Mohon dukungan Anda untuk sepak bola Indonesia," ungkap Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong sudah memoles Timnas Indonesia sejak Januari 2020. Sejak saat itu, Skuad Garuda dibawanya membukukan 24 kemenangan, sepuluh seri, dan 13 kekalahan. 

Namun, sebelum tanda tangan kontrak, ada beberapa rumor yang berembus. Satu di antaranya, Shin Tae-yong dikabarkan diminati Timnas Korea Selatan. Lalu, apa kata STY soal kabar tersebut? 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jawaban Shin Tae-yong

"Saya tidak pernah mendapat tawaran (dari Timnas Korea Selatan)," kata Shin Tae-yong, seperti dikutip dari media Korsela, Chosun, Minggu (7/7/2024). 

Pernyataan Shin Tae-yong itu terucap kepada wartawan pada acara peresmian sebuah lapangan sepak bola modern yang diberi nama Shin Tae Yong Soccer Park, Sabtu (6/7/2024), di kota Yeongdeok. 

Penghargaan ini diberikan kepada Shin Tae-yong atas dedikasinya selama ini. Shin dinilai berjasa sebagai insan sepak bola yang secara tidak langsung ikut mengharumkan nama kota Yeongdeok.

Diketahui, Shin Tae-yong lahir dan besar di Yeongdeok. Shin dilahirkan di kota tersebut 53 tahun yang lalu.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Shin Tae-yong Diminta Segera Kembali ke Indonesia

Sementara itu, Sekjen PSSI, Yunus Nusi, meminta pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk kembali secepatnya ke Jakarta demi mempersiapkan tim berlaga pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Shin Tae-yong masih pulang kampung di Korea Selatan sejak 14 Juni 2024. Selain mudik, arsitek berusia 53 tahun itu juga menjalani pemulihan kesehatan.

Enam+00:00VIDEO: Raja Sapta Oktohari Sebut Bakal Banyak Kejutan di Olimpiade Paris 2024Advertisement Shin Tae-yong akan memimpin Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia mulai September 2024.

Sementara itu, persiapan tim berjulukan Skuad Garuda itu kemungkinan bakal dimulai pada akhir Agustus 2024.   

Timnas Indonesia akan menantang tuan rumah Timnas Arab Saudi pada matchday pertama Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Adapun pada 5 September 2024, disusul menjamu Timnas Australia, lima hari berselang.

"Kami meminta Shin Tae-yong kembali secepatnya ke Indonesia untuk persiapan menuju putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026," ujar Yunus Nusi.

"Pada pertengahan Juli 2024 Shin Tae-yong kembali ke Indonesia. Kan Shin sedang istirahat," imbuh Yunus Nusi. 

4 dari 4 halaman

Laporan Langsung Bola.com dari Jerman

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer