Sukses


Pemain Timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On Mengenang Debut di Heerenveen Hampir Gagal Kalahkan Ajax Amsterdam

Bola.com, Jakarta - Nathan Tjoe-A-On mengenang kembali laga debutnya saat membela SC Heerenveen. Seperti diketahui, dia bergabung dengan status pinjaman dari Swansea City dan bermain setengah musim di Eredivisie 2023/2024.

Debut Nathan Tjoe-A-On terjadi saat dia menghadapi klub raksasa Belanda, Ajax Amsterdam, pada 12 Februari 2024.

Dalam laga itu, dia masuk sebagai pemain cadangan, sedangkan Thom Haye main sejak menit pertama. Baik Nathan maupun Haye saat itu masih berstatus warga negara Belanda, belum resmi dinaturalisasi jadi WNI.

Nathan Tjoe-A-On mengaku bahwa duel melawan Ajax Amsterdam jadi momen terbaik yang pernah dijalaninya selama berseragam Heerenveen. Sebab, mereka sukses mengalahkan Ajax.

“Momen terbaik saya di SC Heerenveen? Serangan melawan Ajax!. Ini momen yang luar biasa bagi saya. Kami memenangkan pertandingan dengan skor 3-2,” ucap Nathan seperti dikutip Fean Online, Senin (8/7/2024).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Nathan Deg-degan

Heerenveen secara mengejutkan mampu unggul tiga gol dulu dalam pertandingan itu. Masing-masing gol dicetak oleh Pelle van Amersfoort (11’ dan 46’) dan Osame Sahraoui (38’).

Namun, Ajax sempat memperkecil ketinggalan karena gol bunuh diri Pawel Bochniewicz (51’) dan gol Chuba Akpom (79’). Dalam kedudukan 3-2, Nathan kemudian masuk di menit ke-89 menggantikan Sahraoui.

Setelah itu, Ajax bahkan hampir saja menyamakan kedudukan dan terancam membuat Heerenveen gagal menang. Hal itu membuat Nathan deg-degan karena dia belum lama masuk ke lapangan.

 

3 dari 4 halaman

Cerita Nathan

Wasit hanya memberikan perpanjangan waktu empat menit dalam laga itu. Ajax sendiri terus tampil menyerang dan lagi masih berjalan sampai 90+6.

Kans gol Ajax itu tercipta setelah Steven Berghuis melepas umpan silang yang disambut tandukan oleh Josip Sutalo. Bola mengenai bek Heerenveen, Sven van Beek, dan terlihat masuk ke gawang.

Para pemain Ajax merasa itu sudah jadi gol. Namun, setelah memeriksa VAR, bola rupanya tidak sepenuhnya melewati garis gawang. Setelah itu, wasit meniup peluit panjang dan laga berakhir 3-2 untuk Heerenveen.

“Di menit-menit terakhir perpanjangan waktu, VAR memeriksa apakah bola sudah melewati garis, yang bisa membuat skor menjadi 3-3. Untungnya, hal ini tidak terjadi. terjadi dan kami meninggalkan lapangan dengan perasaan fantastis dan kemenangan,” ucap Nathan.

4 dari 4 halaman

Bertemu Jordan Henderson

Menariknya, laga itu juga jadi pertemuan Nathan dan Thom Haye melawan Jordan Henderson, eks kapten Liverpool yang kini telah membela Ajax. Laga ini jadi kesempatan Nathan dan Haye menghadapi pemain kelas dunia.

Nathan akhirnya menjalani proses sumpah WNI pada 11 Maret 2024. Delapan hari kemudian, 19 Maret 2024, giliran Thom Haye yang menjalani naturalisasi. Dua pemain ini pun jadi andalan Timnas Indonesia.

Nathan sendiri kini telah kembali ke klub induknya, Swansea City, yang akan bertempur di Divisi Championship 2024/2025, alias kompetisi kasta kedua Inggris. Dia tampaknya masuk rencana Swansea untuk musim baru.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer