Sukses


PSSI Akan Pakai Sistem Baru untuk Evaluasi Wasit: Mirip dengan Premier League

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2024/2025 akan memiliki beberapa hal baru. VAR jelas menjadi salah satu hal baru tersebut.

Selain itu akan ada sistem evaluasi wasit baru yang dimiliki oleh PSSI. Hal itu diungkapkan oleh wakil Ketua Komisi Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa.

Sistem evaluasi itu diberi nama Referee Evaluation Resource (Refer) System. Sistem itu disebut bisa membantu penilai wasit dan wasit itu sendiri saat bertugas.

Yoshimi Ogawa menjelaskan, sistem tersebut digagas oleh Departemen Perwasitan PSSI, guna menunjang tugas dan mengawasi wasit sehingga bisa lebih teliti dalam mengambil keputusan.

"Refer System adalah sistem terintegrasi yang memungkinkan secara independen menganalisa lebih dari 80 kompetensi berbeda dari performa wasit," kata Ogawa dalam Refereeing Media Briefing di ruangan Sekretariat PSSI Pers, Gelora Bung Karno (GBK) Arena, Jakarta, Senin (8/7/2024).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Mirip di Liga Inggris

Yoshimi Ogawa pun menyebut sistem baru yang akan dipakai PSSI untuk mengevaluasi wasit itu mirip dengan yang dipakai di liga-liga top dunia. Misalnya yang dipakai di Premier League.

"Kemudian, pada musim baru ini, kami akan menggunakan sistem evaluasi baru yang telah dilaksanakan oleh Inggris Premier League,"jelasnya.

"Sistem ini sangat akurat. Bukan hanya evaluasi, kami juga dapat memberikan materi pelajaran yang diperlukan kepada mereka dengan feedback," sambungnya.

 

3 dari 3 halaman

Meningkat

Seperti diketahui, BRI Liga 1 2024/2025 akan menggunakan VAR sejak awal musim. Yoshimi Ogawa pun menyebut persiapan wasit Indonesia untuk menggunakan teknologi itu sudah maksimal.

Para wasit pun akan dibebani harapan tinggi. Mereka diharapkan bisa membuat keputusan yang maksimal.

"Kami berharap bisa memberikan keputusan yang lebih berkualitas. Jadi, silahkan lihat apa yang akan terjadi. Tapi saya yakin wasit kita akan melakukannya," tegas Yoshimi.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer