Sukses


3 Pemain Arab Saudi yang Bisa Bikin Timnas Indonesia Kelabakan pada Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bola.com, Jakarta Timnas Arab Saudi menjadi lawan perdana Timnas Indonesia pada putaran ketiga Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim asuhan Shin Tae-yong tersebut bakal bertandang ke King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, 5 September 2024.

Tim Garuda tentunya mematok kemenangan atau minimal jangan sampai kalah. Hasil positif di kandang Green Falcons, julukan Arab Saudi, sangat menentukan nasib Timnas Indonesia dalam menapaki fase selanjutnya di Kualifikasi Piala Dunia 2024.

Selain Arab Saudi, Jay Idzes dan kawan-kawan juga akan bentrok versus Jepang, Bahrain, China, dan Australia di putaran ketiga Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia diharapkan tak berhenti sampai putaran ketiga. Target mentas pada putaran final Piala Dunia 2026 untuk pertama kalinya kudu bisa diraih.

"Kita adalah bangsa yang besar. Tak perlu takut dengan mereka," kata Erick Thohir, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memompa semangat Jay Idzes cs.

Duel di kandang Arab Saudi nanti jelas bukan laga yang enteng. Selain bermain di depan ribuan pendukung setianya, sejarah juga masih berpihak kepada tim besutan Roberto Mancini itu. Dalam 12 pertemuan terakhir, Timnas Indonesia tak pernah menang melawan Arab Saudi.

Selain itu, Timnas Arab Saudi juga lebih percaya diri karena mereka setidaknya sudah enam kali hadir di pentas terakbar empat tahunan besutan FIFA tersebut pada 1994, 1998, 2002, 2006, 2018, serta 2022.

Jika ingin memetik angka dari markas Arab Saudi, pemain Timnas Indonesia harus mampu berduel di semua lini. Soalnya, dari belakang hingga ke depan Roberto Mancini punya amunisi-amunisi yang bisa diandalkan dalam formasi apa saja.

Berikut ini tiga di antara pemain Timnas Arab Saudi yang harus menjadi perhatian Timnas Indonesia.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Firas al-Buraikan (Striker)

Bomber berusia 24 tahun tersebut merupakan mesin gol kepercayaan Roberto Mancini di lini depan Timnas Arab Saudi. Dalam formasi 3-4-2-1, Al-Buraikan dipercaya sebagai target man.

Pada putaran kedua lalu, mesin gol Al-Fateh tersebut turun dalam empat laga dengan torehan tiga gol. Dengan tinggi 181cm, Firas al-Buraikan kerap unggul duel-duel bola atas terlebih di kotak penalti lawan.

Gerakannya yang lincah dan sulit ditebak membuat eks striker Al Nassr tersebut tak terlalu kesulitan guna melepaskan tembakan. Naluri golnya yang terus menggebu membuat Firas al-Buraikan rela melakukan apa saja, termasuk memprovokasi bek-bek lawan agar kehilangan konsentrasi lalu terpancing untuk membuat pelanggaran.

 

3 dari 5 halaman

Saleh Al Shehri (Striker)

Arab Saudi juga punya senjata pemusnah lainnya di lini terdepan. Ia adalah Saleh Al Shehri. Di Arab Saudi, Al Shehri merupakan salah satu panutan pemain muda.

Striker berusia 30 tahun tersebut menjadi saksi hidup ketika Arab Saudi membungkam Argentina di fase grup Piala Dunia 2022. Menang 2-1 atas Tim Tango, Saleh Al Shehri membuka keunggulan pada menit ke-48.

Performanya yang terus bertahan membuat sang pelath, Roberto Mancini, kembali mengangkut pemain Al-Hilal itu ke skuad inti Green Falcons.

Jika Saleh Al Shehri dimainkan, Roberto Mancini mengubah formasi timnya menjadi 3-5-2. Di depan, Al Shehri berduet dengan Abdullah Radif.

Skema ini sangat efektif meraih kemenangkan, termasuk ketika Arab Saudi mengalahkan Jordania 2-0 pada putaran kedua Grup G, lewat brace Saleh Al Shehri.

 

4 dari 5 halaman

Mohammed Al Owais (Kiper)

Pemain yang satu ini juga akan menjadi pekerjaan rumah (PR) tersendiri bagi penyerang-penyerang Timnas Indonesia.

Mohammed Al Owais adalah kiper utama di Timnas Arab Saudi. Veteran berusia 32 tahun itu hadir di Piala Dunia 2022, termasuk ketika Arab Saudi mempermalukan Argentina 2-1 pada fase grup.

Meski pada akhirnya tersingkir, namun kemenangan itu membuat Mohammed Al Owais banjir sanjungan karena bisa mementahkan sejumlah peluang Lionel Messi dkk.

Di sepanjang putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026, Mohammed Al Owais hanya kemasukan tiga gol dalam lima laga. The Green Falcons juga finis di posisi kedua Grup G dengan torehan tiga kemenangan, sekali seri, dan sekali kalah.

Menarik untuk menanti, apakah para ujung tombak Indonesia bisa menaklukkan Spiderman kepunyaan Al-Ahli SC tersebut.

5 dari 5 halaman

Saksikan Liputan Eksklusif Euro 2024 di Bola.com

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer