Sukses


Adaptasi dengan Gaya Paul Munster di Persebaya, Malik Risaldi: Dia Pelatih yang Detail

Bola.com, Surabaya - Malik Risaldi sudah bergabung dengan latihan Persebaya Surabaya selama dua pekan terakhir. Winger berusia 27 tahun itu masih dalam proses adaptasi bersama klub barunya.

Penggawa Timnas Indonesia itu sempat dimainkan dalam Anniversary Game melawan Persibo Bojonegoro pada 29 Juni 2024. Sayangnya, beluma ada gol atau assist yang berhasil disumbangnya.

Malik mengaku sedang menyesuaikan dengan gaya melatih Paul Munster. Maklum saja, ini jadi pertama dia membela klub yang berada di bawah arahan arsitek berpaspor Irlandia Utara tersebut.

“Harus beradaptasi karena teknik pelatih berbeda-beda inginnya apa. Paul Munster lebih detail dengan taktik,” ungkap Malik Risaldi.

Paul Munster sendiri merupakan tipikal pelatih yang cukup detail dalam memberikan instruksi. Tak jarang, dia memanggil pemain secara pribadi dalam sesi latihan terkait apa yang harus dilakukan sang pemain.

Dalam sesi latihan, Malik Risaldi terlihat beberapa kali dipanggil Munster bersama dua winger lain, yakni Bruno Moreira dan Oktafianus Fernando.

Mereka kerap berdiskusi sambil menggunakan alat peraga bantuan sebelum memasuki latihan taktik.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sempat Jadi Incaran Banyak Klub

Di sisi lain, Malik Risaldi sebenarnya sempat jadi incaran banyak klub Liga 1 sebelum bergabung Persebaya Surabaya. Penyebabnya, dia jadi pemain lokal dengan statistik mengesankan di Liga 1 2023/2024.

Malik memiliki performa hebat selama membela Madura United di Liga 1 2023/2024 dengan menjadi pemain lokal tertajam. Dia berhasil mencetak 13 gol dan empat assist dari 36 pertandingan bersama Laskar Sapeh Kerrab.

Pemain kelahiran Surabaya itu tercatat membawa Madura United meraih titel runner-up Liga 1 2023/2024 sampai akhir Mei 2024. Laskar Sape Kerap kalah agregat 1-6 dari Persib Bandung dalam final championship series.

Performa apik bersama Madura United membuatnya mendapat panggilan Shin Tae-yong untuk bergabung Timnas Indonesia. Sayangnya, dia tidak dimainkan di dua laga resmi melawan Irak dan Filipina pada awal Juni lalu.

 

3 dari 4 halaman

Tambah Kekuatan di Lini Depan

Kini, dia sudah berpindah klub ke Persebaya. Dengan status pemain anyar Bajul Ijo, berapa gol dan assist yang ingin dicetaknya di Liga 1 2023/2024?

“Saya ingin lebih dari tahun kemarin dan konsisten. Target saya banyak berkontribusi untuk Persebaya dan membawa Persebaya lebih baik lagi,” ucap Malik Risaldi.

Pelatih Persebaya, Paul Munster, menyebut kehadiran Malik akan menambah kekuatan lini depan timnya. Dia memberi pujian kepada Malik sebagai salah satu pemain lokal yang berkualitas.

“Saya tahu betapa bagusnya dia. Malik adalah salah satu rekrutan awal saya. Saya pikir dia adalah rekrutan awal pertama yang kami dapatkan secara langsung Dia pemain yang bagus dan menyerang,” ucap Munster.

“Mendatangkan Malik adalah keputusan tepat. Dia membuktikan diri saat mendapat panggilan Timnas Indonesia. Sekarang dia bergabung dengan kami dan perlahan dia akan menyatu dengan tim,” imbuhnya.

 

4 dari 4 halaman

Malik Risaldi dan Klub Jawa Timur

Keberadaan Malik Risaldi telah melengkapi trisula lini depan Persebaya. Dua posisi lain sudah dihuni oleh pemain asing, masing-masing winger Bruno Moreira dan striker Flavio Silva.

Malik sendiri tercatat sebagai pemain didikan akademi WCP Gresik. Karier profesionalnya dimulai dengan membela PS Timah Babel mulai 2017. Dia juga pernah berseragam Persegres Gresik pada 2018.

Setelah itu, kariernya dihabiskan bersama klub-klub Liga 1 yang berbasis di Jawa Timur. Di antaranya adalah Persela Lamongan (2019-2022) dan Madura United (2022-2024).

Keputusannya bergabung Persebaya jelang Liga 1 2024/2025 menambah lengkap perjalanan kariernya bersama klub Jawa Timur.

Video Populer

Foto Populer