Sukses


Nova Arianto Beberkan 3 Modal Berharga Pemain Timnas Indonesia U-16 untuk Tembus Skuad Senior di Masa Depan

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, mengungkapkan sejumlah modal berharga yang dimiliki para pemainnya untuk menempuh perjuangan panjang hingga bisa menjadi pemain Timnas senior di masa depan.

Salah satu aspek yang disinggung Nova Arianto ialah kondisi kebugaran para pemainnya. Jika melihat performa mereka di Piala AFF U-16 2024, penggawa Timnas Indonesia U-16 memiliki ketahanan fisik yang tinggi untuk berjuang hingga laga berakhir.

Hal inilah juga bisa dianggap menjadi keunggulan skuad Garuda Muda di Piala AFF U-16 2024. Saat para pemain lawan sudah mulai tumbang pada babak kedua karena kram, I Putu Panji dkk masih sanggup bermain dengan intensitas yang tinggi.

“Kalau melihat perjalanan Timnas Indonesia U-16 selama di Piala AFF U-16 ini, secara kondisi fisik pemain sangat baik dan saya sangat bersyukur. Secara mental dan daya juang, pemain sangat luar biasa,” kata Nova.

“Tim ini tidak hanya dipersiapkan untuk Piala AFF U-16 maupun Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, tetapi seperti saya bilang dari awal, tim ini saya persiapkan untuk tim nasional ke depannya. Para pemain di Timnas U-19 sebetulnya juga berasal dari Timnas U-16 sebelumnya,” imbuhnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Mental dan Daya Juang

Selain itu, Nova juga menyebut soal tangguhnya mentalitas para pemain di atas lapangan. Mereka sama sekali tak gentar menghadapi siapa pun lawan yang dihadapi. Hal ini berefek pada daya juang yang tinggi dalam menghadapi situasi apa pun.

Dalam beberapa momen, skuad Garuda Muda sempat tertinggal terlebih dahulu. Namun, hal ini justru melecut semangat mereka untuk makin trengginas. Ketika harus tampil 10 pemain melawan Australia, mereka juga tetap bisa berjuang meski kalah jumlah pemain.

“Dengan daya juang dan secara mental mereka yang seperti ini, itu akan menjadi modal awal bagi mereka untuk dibawa hingga Timnas senior. Kalau masalah skill dan masalah kesalahan-kesalahan individual, itu masih bisa kita perbaiki,” ujarnya.

“Tapi, kalau pemain punya mental yang kuat, bekerja keras, dan bisa bertarung di lapangan, itu yang akan kami cari. Harapannya mereka semua bisa sampai ke Timnas senior,” ia menambahkan.

3 dari 4 halaman

Pemahaman Taktik

Modal berikutnya yang juga telah dikantongi para pemain Timnas Indonesia U-16 ialah pemahaman taktik. Aspek ini mendapat apresiasi tersendiri dari Nova Arianto. Dia bilang, para pemainnya termasuk pintar.

Sebab, mereka bisa memahami taktik dan instruksi tim pelatih dan mampu menerjemahkannya di atas lapangan. Itulah sebabnya, saat skuad Garuda Muda mengubah formasi di tengah laga, para pemain cukup adaptif dalam menjalankan instruksi tersebut.

“Soal pemahaman taktik semuanya sudah berjalan dengan lancar ya. Sekali lagi saya bersyukur pemain-pemain ini sangat pintar. Sangat pintar ini dalam arti mereka mampu memahami taktik apa yang saya inginkan,” katanya.

“Dan saat di tengah-tengah pertandingan kami mengubah formasi pun, mereka sangat bisa memahami dan bisa menjalankannya di pertandingan. Dan itu menjadi sala satu modal yang baik bagi pemain-pemain ini bisa berkembang dan berkembang hingga senior.”

4 dari 4 halaman

Laporan Langsung Bola.com dari Jerman

Sahabat Bola.com, yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman untuk melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

 

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024_ver 2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer