Sukses


Liga Inggris: Latihan Ekstra, Penggawa Timnas Indonesia Nathan Tjoe-A-On Siap Bersaing di Swansea City

Bola.com, Jakarta - Penggawa Timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On, telah merampungkan masa pinjaman bersama klub Belanda, SC Heerenveen. Dia kembali ke klub induknya, Swansea City, yang berkiprah di Divisi Championship atau kasta kedua Inggris.

Swansea City sebenarnya merupakan klub yang berbasis di Wales. Hanya saja, mereka selama bertahun-tahun memang berkiprah di kompetisi Inggris, bahkan sempat pula masuk Premier League.

Nama Nathan Tjoe-A-On sempat diragukan bisa bersaing di Swansea. Namun, dia kini telah bertekad siap bersaing untuk mendapatkan tempat dalam petualangan baru di liga Inggris.

“Di SC Heerenveen saya belajar beradaptasi dengan mudah di tim baru. Musim ini saya bermain untuk Swansea City di Inggris, saya menjadi pemain internasional untuk Indonesia dan saya bermain untuk SC Heerenveen,” ungkap Nathan seperti dikutip Fean Online.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Dipinjamkan ke Heerenveen

Nathan Tjoe-A-On sebenarnya sudah bergabung dengan Swansea sejak Agustus 2023 lalu. Sayangnya, dia tidak mendapat menit bermain di Inggris dan akhirnya dipinjamkan ke Heerenveen yang kemudian setim bersama Thom Haye.

Bergabung Heerenveen sejak Januari 2024, dia membukukan empat penampilan di Eredivisie 2023/2024 atau kompetisi kasta tertinggi Belanda. Heerenveen finish di peringkat ke-11 klasemen akhir.

Di sisi lain, Swansea City gagal promosi ke Premier League musim depan. Mereka harus puas menduduki posisi ke-14 klasemen akhir Divisi Championship 2023/2024.

3 dari 6 halaman

Ajang Pembuktian

Sejumlah media Wales atau Inggris sempat meragukan kemampuan Nathan bisa bersaing di Divisi Championship 2024/2025. Hal itu didasarkan pada rekam jejak yang gagal mendapatkan menit bermain musim lalu, dan hanya tampil empat kali di Heerenveen.

Kendati demikian, Nathan sudah bertekad membuktikan dirinya bahwa dia ingin bersaing mendapatkan menit bermain di Swansea City.

“Tiga tim berbeda dalam satu tahun itu cukup banyak dan mengenal banyak orang baru. Saya juga melakukan latihan ekstra di luar latihan, agar saya bisa berkembang lebih baik sebagai pemain sepak bola,” ujar Nathan Tjoe-A-On.

4 dari 6 halaman

Kontrak di Swansea

Nama Nathan rupanya masih masuk dalam skuad Swansea City. Situs resmi klub Swansea bahkan menyuguhkan informasi mengenai pemain berusia 22 tahun itu sampai sekarang.

“Swansea City menyelesaikan penandatanganan bek Nathan Tjoe-A-On dengan biaya yang tidak diungkapkan pada Agustus 2023,” demikian pernyataan resmi Swansea dalam lama profil Nathan Tjoe-A-On.

“Bek kiri itu bergabung dengan Swans dari klub Belanda Excelsior dengan kontrak berdurasi tiga tahun, termasuk opsi tambahan 12 bulan hingga musim panas 2027.”

“Lahir di Rotterdam, Tjoe-A-On berasal dari masa mudanya di Excelsior dan melakukan debut seniornya untuk mereka pada tahun 2019.”

“Dia membantu mereka mengamankan promosi di final play-off yang dramatis pada akhir musim 2021-22, dan dia membuat 29 penampilan di kompetisi papan atas Belanda musim lalu, memenangkan penghargaan Pemain Muda Terbaik Divisi Bulan Ini pada September 2022. Tjoe-A-On bergabung dengan Heerenveen dengan status pinjaman pada Januari 2024.”

5 dari 6 halaman

Andalan di Timnas Indonesia

Nathan Tjoe-A-On sendiri mulai dikenal secara luas karena memiliki darah Indonesia. Dia lantas menjalani naturalisasi dan resmi berstatus WNI per 11 Maret 2024. Nathan juga tampil di dua pertandingan Timnas Indonesia melawan Vietnam pada Maret lalu.

Namanya semakin berkibar karena membela Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 Qatar. Dia berposisi asli bek kiri, namun piawai juga dimainkan sebagai gelandang bertahan atau bek tengah.

Performanya di Piala Asia U-23 2024 sangat mengagumkan dan memberikan kontribusi optimal. Timnas Indonesia U-23 sendiri mampu meraih peringkat keempat turnamen itu dengan status sebagai tim debutan.

6 dari 6 halaman

Liputan Bola.com Langsung dari Jerman

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer