Sukses


Wasit Indonesia Segera Punya Lisensi VAR dan Siap Pimpin Pertandingan BRI Liga 1 2024 / 2025

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2024/2025 akan dimulai pada 9 Agustus mendatang. Liga level tertinggi Indonesia itu akan menggunakan VAR sejak laga pekan perdana.

Kepala Departemen Wasit PSSI, Pratap Singh menjelaskan persiapan para pengadil jelang bergulirnya BRI Liga 1 2024/2025. Mereka disebut telah menjalani proses untuk mendapatkan lisensi VAR.

"Jadi kami melalui sistem Implementation Assistance and Approval Programme (IAAP) di mana pemimpin dilatih untuk mendapatkan lisensi. Dan sejauh ini ini masih berlangsung," ujar Pratap Singh.

Menurut Pratap Singh, lisensi itu akan segera didapatkan oleh para wasit yang akan bertugas di BRI Liga 1 2024/2025.

"Dan tentu saja pada akhir bulan ini kita akan memiliki para wasit yang sudah mempunyai lisensi dan bisa menjadi ofisial wasit VAR untuk Liga 1," kata Pratap Singh.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

27 Wasit

Pratap Singh menyebut jadwal BRI Liga 1 2024/2025 cukup padat. Setiap pekan akan ada sembilan pertandingan yang digelar.

Jumlah perangkat pertandingan dengan lisensi VAR yang dibutuhkan pun sangat banyak. Jumlahnya mencapai 27 setiap pekannya.

"Sejauh ini, kami memiliki 9 pertandingan setiap hari, dan kami membutuhkan sekurang-kurangnya 27 wasit untuk diadakan sebagai VAR dan juga wasit," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Pengalaman

VAR sudah mulai digunakan sejak babak Championship Series BRI Liga 1 2023/2024. Saat itu ada delapan pertandingan yang menggunakan teknologi itu termasuk dua leg final.

Menurut Pratap Singh, kinerja para perangkat pertandingan di Championship Series BRI Liga 1 2023/2024. Pratap pun yakin hal serupa akan terulang di musim 2024/2025.

"Anda harus telah melihat pertempuran yang telah dilakukan di babak championship series sebanyak 8 pertandingan," ujar Pratap Singh.

"Dan semua wasit yang diutus untuk menjadi bertugas di sana, mereka menggunakan, mengendalikan dan mengoperasikan semua peralatan ini dan juga menganalisis semua pertandingan ini dengan sangat baik," tandas Pratap Singh. 

4 dari 4 halaman

Liputan Eksklusif Bola.com di Euro 2024

Sahabat Bola.com, yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman untuk melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

 

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024_ver 2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer