Sukses


Ambisi Dafa Zaidan Setelah Berkibar Bersama Timnas Indonesia U-16: Mau Tembus Skuad Senior Persis Solo

Bola.com, Solo - Di Piala AFF U-16 2024, Dafa Zaidan menjadi salah satu pemain yang cukup sering diturunkan Nova Arianto untuk mengisi daftar 11 pemain pertama untuk tampil sebagai starter bersama Timnas Indonesia U-16.

Dari lima pertandingan, bek kanan asal Balikpapan itu selalu mengukir menit bermain. Hebatnya, tiga laga di antaranya turun sebagai starter. Khusus saat menghadapi Filipina dan Vietnam, dia tampil penuh selama 2x45 menit.

Bisa menjadi wakil tim asal Kota Bengawan di skuad Garuda Muda meninggalkan rasa bangga tersendiri bagi Dafa. “Alhamdulillah, saya bisa mewakili Persis Solo di Timnas Indonesia U-16 pada Piala AFF U-16 2024,” kata pemain berusia 16 tahun itu, Rabu (10/7/2024).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kisah Gol Debut

Di posisi bek kanan, Dafa memang menjadi salah satu pilihan utama. Dia hanya kalah bersaing dari Fabio Azka Irawan yang punya kemampuan multi-posisi. Selain mengisi bek kanan, Fabio bisa juga ditempatkan sebagai bek kiri.

Di tengah persaingan ini, pemain bernomor punggung dua akhirnya bisa pecah telur pada laga pamungkas. Dalam duel perebutan peringkat ketiga melawan Vietnam, dia sukses mengukir gol debutnya.

Gol tersebut memang terhitung berkelas. Saat ikut maju membantu serangan dalam skema serangan balik, Dafa muncul dari sisi kanan untuk menerima umpan Josh Holong. Sepakan kerasnya yang menyusur rumput tak bisa dihalau kiper lawan.

“Saya sangat bersyukur bisa kembali diturunkan Coach Nova bermain starter saat kami menghadapi Vietnam di babak perebutan peringkat ketiga. Saya sangat bahagia bisa mencetak gol debut itu,” ujar Dafa.

 

3 dari 4 halaman

Terus Berjuang

Jika melihat potensinya, bukan tidak mungkin dia akan menjadi salah satu pemain yang dipertahankan Nova Arianto saat Timnas Indonesia U-16 kembali menggelar pemusatan latihan (TC) pada Agustus nanti.

TC ini menjadi persiapan skuad Garuda Muda untuk menatap ujian berikutnya, yakni menghadapi babak Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 yang berlangsung di Kuwait pada Oktober 2024.

Bagi Dafa, ini adalah kesempatan untuk terus mendulang pengalaman sebanyak-banyaknya di level junior. Apalagi, lawan yang bakal dihadapi bakal lebih menantang ketimbang kontestan Piala AFF U-16 2024.

Setidaknya, ini adalah salah satu cara Dafa untuk mencari bekal. Perjalanannya masih panjang untuk bisa menuju jenjang profesional. “Harapan saya ialah bisa menembus skuad senior Persis Solo suatu saat nanti,” ujarnya.   

4 dari 4 halaman

Laporan Langsung Bola.com dari Jerman

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Video Populer

Foto Populer