Sukses


Rancangan Piala Presiden 2024: Hadiah Rp5 M, Kick-off di Bandung, Dihadiri Jokowi, Hanya 8 Tim, Dibagi 2 Grup

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, memastikan bahwa Piala Presiden 2024 jadi digelar. Turnamen pramusim untuk BRI Liga 1 2024/2025 itu akan dimulai pada 19 Juli 2024 di Bandung, Jawa Barat.

Erick Thohir juga telah mempersiapkan Rp5 miliar sebagai hadiah untuk juara Piala Presiden 2024. Lantas, bagaimana dengan format turnamen pemanasan itu?

Dari rancangannya, Piala Presiden 2024 hanya akan diikuti oleh delapan dari 18 klub BRI Liga 1 musim depan.

Kedelapannya adalah Persib Bandung, Madura United, Borneo FC Samarinda, Bali United, Persis Solo, Persija Jakarta, PSM Makassar, dan Arema FC.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

8 Tim di 2 Wilayah

Sebanyak delapan tim itu akan dibagi ke dua grup. Grup A disi Persib Bandung, Borneo FC, Persis, dan PSM. Sementara Grup B dihuni Bali United, Madura United, Persija, dan PSM.

Persib akan menjadi tuan rumah Grup A Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung dan Bali United sebagai penyelenggara Grup B di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Dari jadwal sementara Piala Presiden 2024 yang beredar, babak semifinal dan final bakal berlangsung di Stadion Manahan, Solo.

3 dari 4 halaman

Penjelasan Erick Thohir

Piala Presiden 2024 kemungkinan juga bakal menjadi trial untuk beberapa aturan di BRI Liga 1 musim depan seperti penggunaan VAR, delapan pemain asing, hingga pemain U-22 wajib starter selama 45 menit.

"BRI Liga 1 akan ada banyak perubahan. VAR bakal digunakan secara penuh. Delapan pemain asing, enam di lapangan dan dua di cadangan. Kewajiban memainkan seluruh pemain Timnas Indonesia di klub masing-masing. Wasit asing akan memimpin per bulannya," ujar Erick Thohir.

"Klub bicara ke PT Liga Indonesia Baru, berharap turnamen sebelum kompetisi. Tapi karena waktunya sempit, maka PT LIB memilih beberapa klub yang ikut Piala Presiden 2024," terangnya.

4 dari 4 halaman

Konferensi Pers Nanti

"Insyaallah pembukaan Piala Presiden 2024 di Bandung pada 19 Juli 2024. Pak Presiden RI, Jokowi, akan hadir. Mudah-mudahan memperbaiki animo yang menunggu-menunggu perbaikan di sepak bola kami uji coba secara penuh di Piala Presiden 2024," kata Erick Thohir.

"Di jeda kompetisi ini, kami akan coba isi dengan beberapa kegiatan supaya klub mempunyai pemanasan menuju kompetisi yang berubah total. Jadi membutuhkan adaptasi."

"PT LIB akan melakukan konferensi pers secara detail. Kota mana yang menjadi tuan rumah dan jadwalnya seperti apa. Biar mereka yang menjelaskan dengan spesifik," ungkap Erick Thohir.

Video Populer

Foto Populer