Sukses


Sebaran Produktivitas Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Ramadhan Sananta Masuk 20 Besar

Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia memiliki banyak pemain yang telah menyumbangkan gol selama babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Jika melihat persebarannya, ada sejumlah pemain yang paling produktif menghasilkan gol.

Perjalanan Timnas Indonesia memang dimulai dengan catatan produktivitas gol yang tinggi saat masih menghadapi Putaran Pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Sebab, lawan yang dihadapi relatif mudah, yakni Brunei Darussalam.

Namun, tantangannya mulai menanjak ketika menghadapi Putaran Kedua. Setelah sempat mengalami kesulitan pada dua laga awal, skuad asuhan Shin Tae-yong akhirnya bisa menjaga stabilitasnya pada laga-laga berikutnya.

Setidaknya, ada beberapa pemain yang termasuk sebagai penyumbang gol terbanyak Timnas Indonesia selama babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ini. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Sananta Paling Gacor

Penyerang Persis Solo, Ramadhan Sananta, menjadi mesin gol paling produktif di babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Sebab, dia mampu menjadi mesin gol andalan saat menghadapi Brunei Darussalam.

Pada laga pertama, Sananta sukses menyumbang dua gol ketika membantu Indonesia menang 6-0 atas Brunei. Pada leg kedua, dia kembali menyumbangkan satu gol saat skuad Merah Putih menang dengan skor yang sama.

Pada Putaran Kedua, Sananta kembali mengukir namanya di papan skor, tepatnya saat Indonesia menggulung Vietnam 3-0 di Stadion Nasional My Dinh. Dengan kontribusi itu, penyerang 21 tahun ini telah menghasilkan empat gol dan jadi penyumbang terbanyak.

3 dari 5 halaman

Dua Andalan Lainnya

Selain Sananta, Dimas Drajad juga sempat menampilkan aksi terbaiknya bersama Timnas Indonesia. Dia sukses mengukir tiga gol ketika Indonesia menggasak Brunei Darussalam enam gol tanpa balas. 

Sayangnya, produktivitas Dimas macet setelah itu. Sebab, dia jarang mendapatkan kesempatan bermain dari Shin Tae-yong. Jumlah yang dikoleksi Dimas juga berhasil disamai oleh bek andalan Timnas Indonesia, Rizky Ridho.

Ridho cukup aktif menjebol gawang lawan. Pada dua laga melawan Brunei, dia masing-masing mencetak satu gol. Namanya kembali muncul dalam papan skor ketika Indonesia menggebuk Filipina 2-0 pada laga terakhir Grup F Putaran Kedua.

4 dari 5 halaman

Penyumbang Gol

Selain ketiga nama tersebut, masih ada beberapa pemain lainnya yang sukses menyumbang gol. Hokky Caraka, misalnya, mencetak dua gol saat Indonesia menang atas Brunei 6-0 pada pertemuan kedua.

Egy Maulana Vikri juga sukses menghasilkan jumlah yang sama. Dia sempat mencetak gol ke gawang Brunei Darussalam, lalu menjadi satu-satunya pencetak gol saat Indonesia menang 1-0 atas Vietnam pada Putaran Kedua.

Sisanya, ada enam pemain yang mengukir satu gol di fase ini. Mereka adalah Thom Haye (lawan Filipina), lalu ada Jay Idzes (lagan Vietnam), Ragnar Oratmangoen (lawan Vietnam), Shayne Pattynama (lawan Irak), Saddil Ramdani (lawan Filipina), dan Witan Sulaeman (lawan Brunei Darussalam).

5 dari 5 halaman

Pencetak Gol Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

4 Gol - Ramadhan Sananta

3 Gol - Dimas Drajad, Rizky Ridho

2 Gol - Hokky Caraka, Egy Maulana Vikri

1 Gol - Thom Haye, Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, Shayne Pattynama, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman

Video Populer

Foto Populer