Sukses


Timnas Indonesia U-19 Jelang Tempur di Piala AFF U-19 2024: Asah Taktik, Sikat Fase Grup!

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia U-19 melakoni hari kedua latihan di Surabaya. Mereka menggelar latihan terbuka pertama di Lapangan THOR, Surabaya, Kamis (11/7/2024) malam.

Skuad Garuda Muda sendiri sebenarnya sudah tiba di Surabaya, Rabu (10/7/2024) pagi. Mereka juga mulai latihan perdana di lapangan yang sama, Rabu malam. Hanya saja, latihan kemarin digelar secara tertutup.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, menyatakan bahwa pihaknya mulai persiapan akhir untuk Piala AFF U-19 2024 yang digelar pada 17-29 Juli di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

"Hari kedua di Surabaya. Ya, kita sudah datang kemarin di Surabaya. Pertama, kita sudah fokus untuk persiapan turnamen," kata Indra Sjafri kepada para wartawan.

"Tentu yang tidak kalah penting di samping kita menyiapkan taktikal di setiap pertandingan, juga sangat penting bagi kami tim pelatih menyiapkan strategi turnamen," ujar Indra Sjafri.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Persiapkan Taktik

Dalam latihan ini, Indra Sjafri mengasah seluruh latihan pemahaman taktik para pemainnya. Instruksinya mampu dijalankam dengan baik oleh para pemain.

Skuad arahan Indra Sjafri bakal bersaing di Grup A bersama Timor Leste, Kamboja, dan Filipina. Dilihat dari tim-tim lawan, Timnas Indonesia U-19 terlihat seolah akan mudah memenangi tiga pertandingan.

Lalu, Grup B berisikan Laos, Vietnam, Myanmar, dan Australia. Sedangkan Grup C ada Malaysia, Singapura, Thailand, dan Brunei.

Dalam edisi ini, ada perubahan format mengingat kali ini ada tiga grup yang masing-masing berisi empat tim dengan total ada 12 kontestan. Dari tiga grup itu, hanya ada empat tim saja yang lolos ke babak final.

3 dari 3 halaman

Maksimalkan Fase Grup

Slot ke semifinal itu hanya diberikan kepada tim berstatus juara grup, sedangkan satu lagi adalah tim runner-up terbaik. Hal ini akan semakin menambah sengit persaingan karena tiap tim perlu memuncaki grup demi memastikan lolos fase gugur.

"Strategi turnamen bahwa di grup ini kita ada tiga pertandingan. Bagaimana kita menyelesaikan tiga pertandingan ini dengan baik. Dan juga nanti untuk babak selanjutnya kita harus pilih mengelawan siapa," ucap Indra Sjafri.

"Yang paling penting tentu bagaimana strategi kita dalam turnamen itu benar-benar nanti tepat dan akhirnya kita bisa mencapai pencapaian yang terbaik," tuturnya.

Terdapat sebanyak 28 pemain yang mengikuti latihan ini. Jumlah itu, nantinya akan berkurang menjadi 23 saja menjelang digulirkannya turnamen.

Video Populer

Foto Populer