Sukses


Indra Sjafri Ingin Mengulang Juara Timnas Indonesia U-19 Seperti Piala AFF U-19 2013

Bola.com, Surabaya - Sosok Indra Sjafri memiliki peran penting dalam mempersembahkan prestasi untuk Timnas Indonesia U-19. Dia sukses membawa Tim Garuda Muda meraih trofi juara Piala AFF U-19 2013 di Sidoarjo.

Saat itu, muncul nama-nama yang jadi bintang andalan. Sebut saja Evan Dimas, Muchlis Hadi, Maldini Pali, Zulfiandi, Ravi Murdianto, Hansamu Yama, Paulo Sitanggang, Dimas Drajad, dll.

Setelah itu, belum ada lagi trofi Piala AFF U-19 untuk Timnas Indonesia U-19. Nah, kini Indra Sjafri menangani Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024 pada 17-29 Juli tahun ini yang akan digelar di Surabaya.

Kebetulan, lokasi dua edisi turnamen yang berselisih 11 tahun itu sama-sama di Jawa Timur. Indra Sjafri mengaku ingin kembali mengulang momen seperti pada 2013.

“Saya pernah memegang Timnas Indonesia U-19 pada 2013. Setelah itu, saya juga pegang timnas U-19 pada 2018. Piala Asia U-19 waktu itu juga delapan besar, tinggal selangkah lagi masuk Piala Dunia, tetapi kami kalah lawan Jepang,” ucap Indra Sjafri.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Peringkat Ketiga

Ya, Indra Sjafri sebenarnya berkesempatan mengulang prestasi serupa. Dia menangani Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2017 Myanmar, tetapi harus puas dengan posisi ketiga.

Dia juga masih menjadi pelatih tim yang sama di Piala AFF U-19 2018, yang kebetulan kembali digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Hasilnya juga masih belum menembus final dan hanya meraih peringkat ketiga lagi.

Padahal, muncul sejumlah pemain berkualitas dalam dua turnamen itu. Sebut saja Egy Maulana Vikri, Rachmat Irianto, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Muhammad Riyandi, hingga Asnawi Mangkualam.

 

3 dari 5 halaman

Nyaris Raih Tiket Ke Piala Dunia U-20

Deretan pemain yang sama kemudian mampu memberi kejutan. Tak cuma Piala AFF U-19, Indra Sjafri juga sempat memberi kejutan di Piala Asia U-19 2018 yang kebetulan Indonesia jadi tuan rumah di Jakarta.

Kejutan sudah muncul di Grup A dengan menjadi runner-up bersaing dengan Qatar, Uni Emirat Arab, dan Chinese Taipei. Hasil itu membuat mereka lolos ke perempat final turnamen tersebut.

Jika sukses memenangi perempat final dan menembus final, Timnas Indonesia U-19 meraih tiket ke Piala Dunia U-20 2019. Sayangnya, bukan hal mudah bagi mereka karena akhirnya kalah 0-2 dari Jepang U-19 di perempat final.

 

4 dari 5 halaman

Ketiga Kalinya Bertanding di Jawa Timur

Mereka memang gagal ke Piala Dunia U-20 2019, tetapi banyak peningkatan yang muncul. Indra Sjafri sendiri kini menangani Timnas Indonesia U-19 dan jadi kali ketiga baginya bertanding di Jawa Timur.

“Jadi, ini turnamen U-19 ketiga saya (di Jawa Timur). Saya berharap bisa memberikan lagi kepada sepak bola Indonesia,” tuturnya.

5 dari 5 halaman

Saksikan Liputan Eksklusif Euro 2024 di Bola.com

Sahabat Bola.com yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman buat melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Video Populer

Foto Populer