Sukses


5 Bintang Timnas Indonesia yang Bisa Ketar-Ketir Menatap Musim Depan: Ada yang Belum Punya Klub hingga Terancam Dilepas

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia mempunyai beberapa pemain yang berkarier di luar negeri, terutama di Eropa. Namun, masa depan lima di antaranya masih penuh dengan teka teki. Ada yang belum memiliki klub, ada pula yang terancam dilepas.

Thom Haye, misalnya, yang kontraknya tidak diperpanjang klub Belanda, SC Heerenveen. Gelandang berusia 29 tahun itu masih belum memiliki klub hingga saat ini.

Padahal, performa Haye pada musim lalu cukup menonjol. Pengoleksi tiga caps bersama Timnas Indonesia itu bermain 34 kali untuk SC Heerenveen dengan mencetak empat gol plus lima assist di berbagai kejuaraan.

Haye juga mempunyai pengalaman segudang di Eredivisie. Pemain yang dinaturalisasi Timnas Indonesia pada Maret 2024 itu mencatatkan 207 kali penampilan di kasta teratas Liga Belanda.

Haye sempat dikaitkan dengan klub promosi Serie A, Como 1907, yang dipunyai oleh Grup Djarum pimpinan Hartono bersaudara. Namun, ketertarikan terhadap pemain berdarah Solo, Jawa Tengah, itu telah pudar.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Nathan Tjoe-A-On

Nathan Tjoe-A-On kemungkinan tidak akan masuk skuad Swansea City, yang juga peserta Championship, untuk musim depan. Bek berusia 22 tahun itu dapat dipinjamkan ke klub lain lagi.

Nathan Tjoe-A-On bergabung dengan Swansea City pada pertengahan 2023 dari klub Belanda, Excelsior, setelah mencatatkan 30 penampilan dengan satu gol, satu assist, dan nihil kartu sepanjang musim 2022/2023.

Namun, Nathan Tjoe-A-On tidak pernah bermain untuk Swansea City sampai Januari 2024 sebelum dipinjamkan ke tim Belanda, SC Heerenveen, hingga Mei tahun ini.

Di SC Heerenveen pun, Nathan Tjoe-A-On juga minim jam terbang. Pemain yang digilai oleh fans perempuan Timnas Indonesia tersebut hanya bermain selama 19 menit dalam empat pertandingan.

Nathan Tjoe-A-On, dirumorkan dibidik klub Erick Thohir di Inggris, Oxford United, yang akan berkompetisi di Championship atau kasta kedua Liga Inggris.

Selain Oxford United, Nathan Tjoe-A-On juga dikabarkan Wales Online masuk radar dua klub Belanda, Almere City di Eredivise dan FC Emmen di divisi kedua.

3 dari 5 halaman

Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan tidak akan lagi membela KMSK Deinze. Sebab, kontraknya tidak diperpanjang oleh peserta kasta kedua Liga Belgia tersebut.

Sejak bermain untuk KMSK Deinze pada awal 2023, Marselino Ferdinan minim kesempatan bermain. Dia hanya tampil tujuh kali dengan mencetak satu gol dalam 134 menit di lapangan.

Belakangan, Marselino Ferdinan dihubung-hubungkan dengan Oxford United, klub promosi EFL Championship 2024/2025 atau divisi kedua Liga Inggris.

kakak dari Marselino Ferdinan, Oktafianus Ernando, mengungkapkan bahwa adiknya itu bakal berkarier di Inggris pada musim depan.

Oktafianus Fernando mengatakan bahwa destinasi saudara laki-lakinya itu antara dua level kompetisi, yaitu EFL Championship atau League One.

EFL Championship ialah divisi dua Liga Inggris. Sementara League One adalah kasta ketiga. Marselino Ferdinan baru bisa memastikan masih akan berkancah di benua biru.

4 dari 5 halaman

Elkan Baggott

Elkan Baggott baru saja masuk skuad Ipswich Town untuk Premier League 2023/2024. Namun, sebelum bursa transfer musim panas tahun ini ditutup, apapun masih bisa terjadi.

Benar saja, Elkan Baggott kemungkinan tidak akan bermain untuk Ipswich Town di Premier League musim depan. Sebab, bek berusia 21 tahun itu bakal dipinjamkan ke klub lain.

Sejak menandatangani kontrak profesional bersama Ipswich Town pada Januari 2021, Elkan Baggott memang langganan disekolahkan demi mendapatkan jam terbang.

Hanya mencatatkan tujuh penampilan dengan 570 menit bersama Ipswich Town, Elkan Baggott sudah empat kali dipinjamkan dalam tiga tahun terakhir.

Pengoleksi 22 caps untuk Timnas Indonesia itu dikirim ke King's Lynn Town pada Maret-Mei 2021, Gillingham FC pada Juli 2022-Januari 2023, Cheltenham Town pada Januari-Mei 2023, dan Bristol Rovers pada Februari-Mei 2024.

5 dari 5 halaman

Justin Hubner

Justin Hubner, mengisyaratkan akan meninggalkan klub Jepang, Cerezo Osaka, pada Juli 2024. Ada apa dengan pemain berusia 20 tahun itu?

Dalam sesi tanya jawab di Instagram eksklusifnya, Justin Hubner menungkapkan bakal kembali ke Wolverhampton Wanderers atau pindah ke klub lain.

Justin Hubner baru bergabung dengan Cerezo Osaka pada pertengahan Maret 2024. Pemuda kelahiran Den Bosch, Belanda, ini dipinjam dari Wolverhampton Wanderers.

Cerezo Osaka mengontrak Justin Hubner hingga akhir tahun ini. Namun, baru empat bulan berjalan, kebersamaannya dengan klub kasta teratas Liga Jepang itu tidak berlangsung maksimal.

Justin Hubner belum banyak bermain untuk Cerezo Osaka. Palang pintu naturalisasi Timnas Indonesia ini baru mendapatkan kesempatan delapan kali bermain.

Selain kalah bersaing, Justin Hubner juga melewatkan banyak pertandingan Cerezo Osaka karena dipanggil timnas U-23 untuk Piala Asia U-23 2024 dan Play-off Olimpiade Paris 2024.

Dari jumlah itu, Justin Hubner hanya mencatatkan 190 menit bertanding. Bahkan dalam tiga partai terakhir Cerezo Osaka di J1 League, ia dimainkan di masa injury time.

Wolverhampton Wanderers kemungkinan tidak senang dengan keadaan ini. Sebelum disekolahkan ke Cerezo Osaka, Justin Hubner adalah pilar sekaligus kapten tim U-21.

Justin Hubner juga sempat masuk skuad Wolverhampton Wanderers senior di Premier League 2023/2024. Ketika itu, ia berada di bangku cadangan kala melawan Arsenal pada 2 Desember 2023.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer