Sukses


7 Wonderkid Asia Tenggara yang Aksinya Layak Dinantikan pada Piala AFF U-19 2024

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan berkiprah sebagai tuan rumah Piala AFF U-19 2024. Turnamen internasional antarnegara Asia Tenggara itu dijadwalkan berlangsung pada 17-29 Juli 2024 di Surabaya.

Pada Piala AFF U-19 2024, ada perubahan format mengingat kali ini terdapat tiga grup yang masing-masing berisi empat tim dengan total 12 kontestan. Dari tiga grup itu, hanya ada empat tim saja yang lolos ke semifinal.

Slot keempat besar hanya diberikan kepada tim berstatus juara grup, sedangkan satu lagi adalah tim runner-up terbaik. Hal ini akan semakin menambah sengit persaingan karena tiap tim perlu memuncaki grup demi memastikan lolos fase gugur.

Skuad arahan Indra Sjafri tersebut bakal bersaing di Grup A bersama Timor Leste, Kamboja, dan Filipina. Dilihat dari tim-tim lawan, Timnas Indonesia U-19 terlihat akan meraih kemenangan mudah dalam tiga pertandingan tersebut.

Lalu, Grup B berisikan Laos, Vietnam, Myanmar, dan Australia. Adapun Grup C ada Malaysia, Singapura, Thailand, dan Brunei.

Bola.com telah merangkum deretan pemain wonderkid U-19 asal Asia Tenggara yang menarik untuk dinantikan di Piala AFF U-19 2024. Simak ulasannya:

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

Lucca Lim (Kamboja)

Pemain satu ini punya sejumlah opsi membela negara. Lucca Lim lahir di Thailand dari ayah asal Kamboja dan ibu dari Selandia Baru. Dia pun memilih berseragam Kamboja untuk karier internasionalnya.

Lucca Lim tercatat berkarier di Selandia Baru dengan membela Melville United. Dia pun jadi sedikit dari sejumlah pemain Kamboja yang pernah berkarier di luar negeri.

Meski berkompetisi di liga regional, pengalaman Lucca Lim akan berguna untuk Timnas Kamboja U-19. Usianya masih 17 tahun dan masih sangat berpotensi untuk berkembang lebih baik.

 

3 dari 8 halaman

Arkhan Kaka (Indonesia)

Penyerang Persis Solo ini sudah dikenal luas sejak membawa Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022. Dia merupakan striker andalan Tim Garuda Muda dalam turnamen itu.

Arkhan Kaka kemudian membela Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023 dengan mencetak dua gol. Hal itu mencatatkan sejarah baru bagi Timnas Indonesia dalam ajang Piala Dunia.

Level klub pun tak main-main. Kaka tercatat menjadi pemain di Persis Solo sejak Liga 1 2023/2024. Dia sudah membukukan 18 penampilan meski belum berhasil menyumbang gol.

 

4 dari 8 halaman

Muhammad Abu Khalil (Malaysia)

Nama Muhammad Abu Khalil digadang-gadang akan jadi tumpuan Timnas Malaysia. Sebab, dia sudah berpengalaman membela Selangor sejak 2023 atau saat masih berusia 18 tahun.

Abu Khalil kini bahkan berkarier di Jepang dengan bergabung Osaka FC dengan status pinjaman dari Selangor. Hal itu tentu menambah pengalamannya untuk meningkatkan kemampuan sebagai gelandang.

 

5 dari 8 halaman

Caelan Ryan (Thailand)

Berposisi sebagai gelandang serang atau penyerang, Caelan Ryan adalah pemain berdarah Inggris-Thailand yang cukup berpengalaman. Dia banyak berkarier di klub kasta bawah Inggris, namun memilih membela Timnas Thailand sejak kelompok usia.

Terbaru, Caelan Ryan dikabarkan bergabung dengan Buriram United, klub raksasa Thailand. Dengan posturnya yang menjulang mencapai 190 cm, dia memiliki potensi untuk bisa berkembang lagi.

 

6 dari 8 halaman

Le Dinh Long Vu (Vietnam)

Nama Le Dinh Long Vu tak pernah absen dari Timnas Vietnam kelompok usia. Dia adalah bagian integral saat meraih runner-up Piala AFF U-16 2022, saat kalah dari Timnas Indonesia U-16.

Terbaru, Long Vu masih menjuarai Piala AFF U-23 2023 dengan mengalahkan Timnas Indonesia U-23. Di level klub, dia sudah berpengalaman membela Song Lam Nghe An dengan membukukan sembilan penampilan.

 

7 dari 8 halaman

Santiago Riblico (Filipina)

Nama satu ini sudah jadi sorotan di Indonesia pada bulan lalu. Di usia 18 tahun, Santiago Rublico memiliki pengalaman karier junior di Spanyol dengan pernah bergabung Rayo Vallecano. Kini dia bahkan jadi bagian Atletico Madrid.

Berposisi sebagai pemain belakang, Rublico sudah membukukan sembilan penampilan bersama Timnas Filipina senior sejak 2023 lalu. Dia berpotensi memberi kejutan dengan pengalamannya di Eropa.

 

8 dari 8 halaman

Luis da Silva (Timor Leste)

Sosok Luis da Silva termasuk wonderkid yang berpotensi jadi bintang Timor Leste. Masih berusia 18 tahun, Luis da Silva sudah menjalani karier profesional bersama klub lokal SLB Laulara.

Luis da Silva tercatat membukukan 11 penampilan bersama SLB Laulara. Dia juga masuk skuad yang meraih posisi runner-up LFA Primeira Divisao 2023, kompetisi kasta tertinggi Timor Leste.

Di usia belia, Luis da Silva sudah membukukan dua penampilan di Timnas Timor Leste senior. Dia kini masih berkesempatan membela Timnas Timor Leste U-19 dan akan jadi gelandang andalan di Piala AFF U-19 2024.

Video Populer

Foto Populer