Sukses


Maarten Paes Selangkah Lagi Gabung Klub Serie A Empoli, Suara Netizen: Setuju Banget, Lanjut Bela Timnas Indonesia!

Bola.com, Jakarta - Klub Serie A, Empoli dikabarkan tertarik mendatangkan calon penjaga gawang Timnas Indonesia, Maarten Paes. Andai deal, kiper berusia 26 tahun itu bakal menjalani musim perdana di Liga Italia musim 2024/2025.

Rumor merapatnya Maarten Paes ke Empoli sebelumnya disampaikan jurnalis Italia, Gianluca Di Marzio. Dia mengabarkan bahwa Paes sedang diburu Empoli untuk menjadi bagian klub dalam mengarungi persaingan di Serie A musim mendatang.

"Empoli menjatuhkan pilihan pertama sang kiper adalah Maarten Paes, kiper berkewarganegaraan ganda Indonesia dan Belanda yang bermain untuk klub Dallas di MLS," demikian ditulis Di Marzio pada akun Instagram pribadinya, Rabu (10/7/2024).

Maarten Paes yang kini membela FC Dallas itu masih terikat kontrak dengan klub asal Amerika Serikat tersebut hingga tahun depan. Namun, jika gagal menggaet Paes, Empoli punya opsi lain.

"Kandidat lainnya adalah Anthony Racioppi dari YoungBoys, seorang penjaga gawang Swiss," lanjut postingan Di Marzio.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Andalan FC Dallas

Kiprah Marten Paes bersama FC Dallas cukup menjanjikan. Dia selalu tampil ciamik tiap kali dimainkan, meski kini timnya terseok-seok di papan bawah Major League Soccer (MLS) 2024. Toros Hoops Burn menempati peringkat 11, hasil dari enam kemenangan, lima seri, dan 11 kekalahan.

Penjaga gawang berpostur 191 cm itu bermain dalam 25 laga bersama FC Dallas pada musim ini. Dia kebobolan 40 gol dan mencatat lima cleansheet. Meski kemasukan banyak gol, namun tidak sedikit pula penyelamatan gemilang yang dilakukan Paes.

Sementara di sisi lain, Maarten Paes baru saja terpilih masuk MLS All-Star 2024 bersama beberapa pemain dunia lainnya macam Lionel Messi, Luis Suarez, Jordi Alba, hingga Sergio Busquets.

Maarten Paes masuk MLS All-Star melalui pilihan penggemar, sama dengan Lionel Messi, Luis Suarez, Christian Benteke, hingga Riqui Puig.

"Tentu untuk fans Indonesia, saya ingin menjadi perwakilan Indonesia di MLS All-Star dengan sebaik mungkin serta bersama FC Dallas," ucap Maarten Paes.

3 dari 5 halaman

Dukungan Netizen

Kabar Maarten Paes diminati klub besar Empoli mendapat beragam komentar positif dari netizen Tanah Air. Mereka menunjukkan dukungan dan kebahagiaan andai transfer tersebut terealisasi.

"Setuju sih di Dallas bapuk timnya," tulis @esp_mart** di kolom komentar Instagram transfermarkt.co.id.

"Awal yang bagus sih untuk kembali ke Eropa, memang usia yang lagi matang-matangnya ini," ucap @rifki.salafu**.

"Gas balik ke Eropa lagi, usia 26 tahun masih prime banget itu di Eropa," kata @ali**

"Wow banget sih kalau benar ke Serie-A, walaupun Empoli," tulis @owiedd**

4 dari 5 halaman

Cepat Rampung

Maarten Paes telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak akhir April 2024. Namun, kiper kelahiran Nijmegen, Belanda itu masih belum bisa membela Timnas Indonesia karena terganjal peralihan asosiasi yang tertuang dalam statuta FIFA Pasal ke-9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf b ayat ketiga.

Maarten Paes pernah enam kali bermain untuk Timnas Belanda U-21, dan penampilan terakhirnya terjadi dalam usia 22 tahun ketika melawan Timnas Belarusia dalam Kualifikasi Euro U-21 2021 pada 15 November 2020.

PSSI telah membawa sengketa Maarten Paes ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Namun kasusnya belum masuk daftar sidang CAS untuk beberapa waktu ke depan.

"Tuntasin dulu sidang CAS-nya, Timnas pusat sudah mantau," tulis @hadi_h**.

"Lambat buat proses sidang CAS-nya sangat disayangkan," ucap @faisal_suk**.

"Belanda enggak salah lepas pemain ini? Semoga sidang CAS-nya cepat rampung," harap @rayhan_fa**.

5 dari 5 halaman

Liputan Bola.com Langsung dari Jerman

Sahabat Bola.com, yuk merapat! Nikmati sajian eksklusif kami di ajang Euro 2024. Jurnalis Bola.com, Benediktus Gerendo Pradigdo akan hadir langsung di Jerman untuk melaporkan secara langsung keseruan persaingan Pesta Eropa 2024. Jangan sampai ketinggalan, klik tautan ini.

 

<p>Liputan Langsung Pesta Bola Eropa 2024_ver 2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer