Sukses


Cerita Francisco Rivera Sudah Tinggal di Surabaya saat Masih Bela Madura United

Bola.com, Surabaya - Gelandang Francisco Rivera sedang menikmati momen tinggal di Surabaya. Dia menjadi pemain Persebaya Surabaya mulai musim 2024/2025 setelah musim lalu berseragam Madura United.

Uniknya, pemain asal Meksiko itu sudah tinggal di Surabaya saat masih membela Madura United. Hal itu tidak lepas dari kebijakan manajemen klub yang menempatkan pemain asing di unit apartemen di Surabaya.

Rivera pun sudah tidak asing dengan suasana Kota Surabaya. Bedanya, kini dia telah menjadi bagian dari Persebaya, klub yang berbasis di kota yang telah ditinggalinya selama setahun terakhir.

“Saya saya mengenali kota ini. Karena saat di Madura, saya sudah tinggal di Surabaya. Saya sudah suka dengan kota ini,” ungkap Rivera.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

PP Madura-Surabaya

Selama membela Madura United, Rivera terpaksa berperjalanan pulang pergi sekitar tiga jam Surabaya-Bangkalan. Kini, dia tidak perlu membutuhkan waktu lama karena di Persebaya lokasi latihan dekat dengan tempat tinggalnya.

Pemain berusia 29 tahun itu tidak memerlukan banyak waktu untuk beradaptasi dengan Surabaya. Bersama tim Persebaya pun dia juga langsung nyetel dan siap jadi motor serangan andalan Bajul Ijo.

Rivera datang dengan predikat pemain terbaik Liga 1 2023/2024. Musim lalu, dia menciptakan 36 penampilan, 9 gol, dan 15 assist. Dia membukukan 58 tendangan, 28 di antaranya mengarah ke gawang.

Dia merupakan memiliki kemampuan komplet sebagai pengatur serangan, membuat permainan Persebaya lebih variatif., tajam melalui winger, tengah, maupun direct pass. Dia mampu bekerja sama dengan baik bersama Bruno Moreira dan Malik Risaldi.

3 dari 4 halaman

Tandem Ikut Gabung

Tandem Rivera saat di Madura United musim lalu, Malik Risaldi, juga bergabung Persebaya. Malik adalah top scorer pemain lokal dengan 13 gol. Keduanya akan menjadi andalan sebagai motor serangan Bajul Ijo.

“Saya suka dengan masyarakat Surabaya. Ada kemiripan dengan kota-kota di Meksiko. Surabaya kota besar dan orang-orang di sini sangat baik,” imbuhnya.

Francisco Rivera belum sempat unjuk kemampuan di depan publik. Dia sebenarnya berkesempatan tampil dalam Anniversary Game saat Persebaya menang 2-0 atas Persibo Bojonegoro di hadapan 40 ribu penonton (29/6/2024).

Sayangnya, dia baru dimasukkan pada menit ke-85, dan laga dihentikan sesaat kemudian akibat flare.

Terbaru, Rivera dimainkan dalam uji coba tertutup yang digelar Persebaya dengan melawan tim PON Jawa Timur, Sabtu (6/7/2024) lalu. Duel itu berakhir dengan skor 5-0. Rivera sukses menyumbang satu gol dari kemenangan 5-0 Persebaya.

Tak hanya itu,  gelandang asal Meksiko itu juga menciptakan dua assist masing-masing untuk gol Mohammed Rashid dan Rizky Dwi Pangestu. Dari sini terlihat bahwa Rivera tampaknya tidak mengalami kesulitan beradaptasi dengan klub barunya.

4 dari 4 halaman

6 Pemain Asing

Persebaya saat ini telah memiliki enam pemain asing. Selain Rivera, mereka juga mempunyai Slavko Damjanovic, Mohammed Rashid, Gilson Costa, Bruno Moreira, dan Flavio Silva.

Tim asal Kota Pahlawan itu tercatat sudah melakoni tiga laga uji coba selama pramusim Liga 1 2024/2025. Itu diawali dengan kemenangan dengan skor 6-0 atas Rakha FC (24/6/2024).

Lalu, Bruno Moreira dkk. unggul 2-0 saat melawan Persibo Bojonegoro (29/6/2024). Terakhir, mereka kembali pesta gol 5-0 saat menghadapi tim PON Jawa Timur, Sabtu (6/7/2024).

Video Populer

Foto Populer