Sukses


Menimbang Kekuatan Australia U-19 di Piala AFF U-19 2024: Ambisi Besar Young Soccerroos Dihalau Timnas Indonesia U-19?

Bola.com, Denpasar - Timnas Australia U-19 menjadi salah satu kandidat juara di Piala AFF U-19 yang akan berlangsung di Surabaya mulai Rabu (17/7/2024). Pelatih Timnas Australia U-19 Trevor Morgan sendiri memilih 23 pemain terbaik yang dibawa ke Surabaya.

Young Socceroos, julukan Timnas Australia U-19, ada di grup bersama laos, Myanmar, dan Vietnam. Hanya Vietnam kemungkinan besar menjadi lawan berat Australia.

Dengan memakai format tiga grup, jelas bisa menjadi sesuatu yang berat. Syarat mutlak Australia lolos ke semifinal adalah dengan menjadi juara grup. Hanya satu runner up terbaik yang berhak lolos.

Melihat situasi ini, ada kemungkinan Australia akan bertemu Timnas Indonesia di final. Asalkan jalan Timnas Indonesia juga mulus dan tidak diganjal tim-tim kuda hitam di grup A seperti Filipina, Kamboja, dan Timor Leste.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Australia U-19 Overpower

Kembali ke Australia, ini adalah keikutsertaan mereka yang kesembilan di Piala AFF U-19 dan berhasil mengoleksi lima gelar di tahun 2006, 2008, 2010, 2016, dan 2019 dan menjadi negara terbanyak yang meraih juara. Thailand sendiri meraih lima kali juara. Indonesia sendiri hanya sekali meraih gelar juara.

Hal tersebut terjadi di edisi 2013. Kala itu, Indra Sjafri juga menjadi pelatih. Dikutip dari lama resmi Timnas Australia, Morgan membawa skuad yang sedikit berbeda ke Indonesia dibandingkan saat mereka melakukan tur ke Amerika Selatan pada Juni lalu saat menghadapi Chile dan Uruguay.

 

3 dari 4 halaman

Cari Kedalaman Skuad

Piala AFF U-19 bisa menjadi batu loncatan untuk kualifikasi Piala Asia U-20 pada September mendatang. Morgan mencoba untuk mencari sejauh mana kedalaman skuadnya saat itu.

Dari data yang ada, beberapa pemain seperti Zac De Jesus (Sydney FC), Jake Najdovski (Western United FC), Tiago Quintal (Sydney FC), dan Fabian Talladira (Adelaide United FC) dipanggil. Termasuk Daniel Graskoski juga masuk dalam skuad setelah dipromosikan ke skuad senior Melbourne Victory FC minggu ini.

Morgan menganggap Piala AFF -19 bisa membuat skuadnya lebih baik di kualifikasi Piala Asia U-20. “Turnamen ini bisa menjadi kesempatan yang sempurna untuk mengembangkan pemain di pertandingan yang lebih kompetitif,” bebernya.

 

4 dari 4 halaman

Ada Banyak Debutan

Selain itu Morgan juga menegaskan bahwa banyak pemain debutan yang bermain di Piala AFF U-19 kali ini. Apapun hasil yang didapat, bisa menjadi evaluasi yang baik kedepannya. Yang jelas, taret Morgan sendiri adalah meraih gelar Piala AFF U-19 ketujuh untuk Timnas Australia.

“Akan ada banyak pemain di dalam skuad kami dan kami akan memberikan kesempatan untuk mereka. Saya tidak sabar untuk melihat permainan mereka. Kami disana harus memenangkan pertandingan. Di Piala AFF U-19 kali ini, kami mencoba untuk memenangkannya lagi,” tutup Morgan.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer