Sukses


Selain untuk Piala AFF U-19, Indra Sjafri Siapkan Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Bola.com, Surabaya - Pelatih Indra Sjafri kini sedang disibukkan dengan agenda Timnas Indonesia U-19. Mereka akan bertempur sebagai tuan rumah di Piala AFF U-19 2024 pada 17-29 Juli 2024 di Surabaya.

Selain itu, tim yang sama nantinya juga akan menjalani kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Kebetulan, Indonesia juga akan jadi tuan rumah dalam tiga laga yang digelar pada 25-29 September 2024.

Dengan nama Timnas Indonesia U-20, mereka tergabung di Grup F bersama Yaman, Maladewa, dan Timor Leste. Komposisi pemainnya kemungkinan tak akan jauh berbeda dibanding Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024.

“Lebih dari pada itu, ini adalah persiapan untuk kualifikasi Piala Asia U-20, itu yang jauh lebih penting. Bagaimana tim ini di kualifikasi Piala Asia U-20, nanti bisa tembus dan lolos ke putaran final,” kata Indra Sjafri.

Timnas Indonesia U-20 akan menjalani tantangan yang tak mudah di kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Sebab, hanya akan ada 15 tim yang lolos dari total sebanyak 10 grup di babak kualifikasi nanti.

Sebanyak 10 di antaranya adalah tim juara masing-masing grup, sedangkan lima lainnya adalah runner-up terbaik. Lalu, satu lagi adalah tuan rumah China yang tidak ikut kualifikasi, sehingga total ada 16 tim peserta putaran final Piala Asia U-20 2025.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Berpengalaman

Menariknya, Indra Sjafri sudah pernah menangani Timnas Indonesia U-19 dalam kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Momen itu terjadi pada 2017 yang bersaing dengan Korea Selatan, Malaysia, Timor Leste, dan Brunei di Grup F.

Sayangnya, hasilnya tidak memuaskan karena Timnas Indonesia U-19 hanya menempat posisi ketiga. Kendati begitu, mereka tetap berpartisipasi di Piala Asia U-19 2018 dengan status sebagai tuan rumah.

Saat itu, muncul sejumlah pemain yang menjadi pemain Timnas Indonesia senior. Sebut saja Egy Maulana Vikri, Rachmat Irianto, Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, hingga Asnawi Mangkualam.

Deretan pemain yang sama kemudian mampu memberi kejutan. Itu diawali di Grup A dengan menjadi runner-up bersaing dengan Qatar, Uni Emirat Arab, dan Chinese Taipei. Hasil itu membuat mereka lolos ke perempat final turnamen tersebut.

Jika sukses memenangi perempat final dan menembus final, maka Timnas Indonesia U-19 meraih tiket ke Piala Dunia U-20 2019. Sayangnya, itu bukan hal mudah bagi mereka karena akhirnya kalah 0-2 dari Jepang U-19 di perempat final.

3 dari 4 halaman

Andalkan Jebolan Piala Dunia U-17

Kini, adalah sejumlah pemain yang berpengalaman di Piala Dunia U-17 2023 dalam skuad Timnas Indonesia U-19. Di antaranya adalah Arkhan Kaka, Welber Jardim, Iqbal Gwijangge, Ikram Algiffari, hingga Ji Da Bin.

Nama itu masih diandalkan untuk tampil di Piala AFF U-19 2024. Harapannya, Timnas Indonesia U-19 bisa menambah trofi juara, apalagi akan berjuang di hadapan pendukungnya sendiri.

“Yang jelas saya bisa pastikan pemain-pemain sekarang jauh lebih berkualitas dari pemain pada 2013. Baik itu dari sisi tes-tes yang kita lakukan, dari VO2MAX, dari kemampuan taktikal, skillnya dia dan lebih merata sekarang. Kita harus bangga ada progres perkembangan kualitas pemain usia muda kita,” kata Indra Sjafri.

4 dari 4 halaman

Pemetaan Kekuatan di Piala AFF U-19 2024

Skuad arahan Indra Sjafri bakal bersaing di Grup A bersama Timor Leste, Kamboja, dan Filipina. Semua pertandingan Garuda Muda akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Lalu, Grup B berisikan Laos, Vietnam, Myanmar, dan Australia. Sedangkan Grup C ada Malaysia, Singapura, Thailand, dan Brunei. Dua grup ini akan dimainkan di Stadion Gelora 10 November, Surabaya.

Dalam edisi ini, terdapat perubahan format Piala AFF U-19 dengan adanya tiga grup yang masing-masing berisi empat tim dengan total ada 12 kontestan. Dari tiga grup itu, hanya ada empat tim saja yang lolos ke babak final.

Slot ke semifinal itu hanya diberikan kepada tim juara grup masing-masing, sedangkan satu lagi adalah tim runner-up terbaik dari tiga grup tersebut.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer