Sukses


Tak Ikut Piala Presiden 2024, PSS Sleman: Bisa Fokus Persiapkan Tim

Bola.com, Sleman - Piala Presiden 2024 hanya akan diikuti delapan klub BRI Liga 1. Kedelapan tim tersebut yakni Persib Bandung, Persija Jakarta, PSM Makassar, Borneo FC, Persis Solo, Madura United, Bali United, dan Arema FC.

Delapan klub itu dibagi ke dalam dua grup yaitu A dan B. Grup A dihuni Persib Bandung, PSM Makassar, Borneo FC, dan Persis Solo. Adapun Grup B diisi Bali United, Persija Jakarta, Madura United, serta Arema FC.

PSS Sleman menjadi satu di antara tim yang tidak berpartisipasi dalam Piala Presiden 2024. Klub berjulukan Super Elang Jawa itu memang tak masuk kriteria dari PT LIB selaku operator kompetisi.

"Ada tiga klub yang selalu ikut berpartisipasi karena ini judulnya Piala Presiden maka klub itu harus berpartisipasi ada Persib Bandung, Persija Jakarta, dan Arema FC," ujar Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, Senin (15/7/2024).

"Kemudian kami juga memilik tiga tuan rumah Persib Bandung, Persis Solo, dan Bali United. Lalu ada empat peserta lagi yang ikut dengan pemilihannya dari peserta Piala Asia itu ada Madura United, Persib Bandung, PSM Makassar, dan Borneo FC," sambungnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Alasan Pembagian Grup

Piala Presiden 2024 bakal dimulai pada 19 Juli-4 Agustus mendatang. Grup A digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Adapun Grup B dihelat di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Sementara itu, semifinal dan final dimainkan di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah.

"Kemudian pembagian grup tentunya berdasarkan seeded. Lalu yang tidak kalah penting adalah kan memang ada resistensi rivalitas, jadi rivalitas itu jangan bertemu di awal," sebut Ferry Paulus.

"Makanya Persib Bandung dan Persija Jakarta kita pisahkan. Kemungkinan seeded lain berdasarkan peringkat dari kompetisi regular series musim lalu," jelasnya.

 

3 dari 5 halaman

Tak Masalah, Bisa Fokus Persiapkan Tim

Di sisi lain, manajemen PSS Sleman tak mempermasalahkan tidak ambil bagian dalam turnamen pramusim tahun ini. Toh, skuad Laskar Sembada masih bisa menjalani laga uji coba untuk mematangkan persiapan jelang sepak mula Liga 1 2024/2025 pada 9 Agustus mendatang.

"Turnamen itu kan ada delapan peserta, mungkin bisa memakan waktu dua minggu, sementara sekarang kurang sebulan menuju kick off Liga 1," kata Presdir PSS Sleman, Gusti Randa.

"Saya kira ini bahaya juga kalau ada cedera, menurut saya 18 klub yang ada kompetitif banget. Ya, kami maksimalkan uji coba saja."

"Menurut saya menyusun komposisi pemain dan mendatangkan pemain cukup memakan waktu ya. Kemudian tenggang waktu Piala Presiden hingga 9 Agustus cukup mepet," sambungnya.

 

4 dari 5 halaman

Tetap Ada Evaluasi

Saat ini, Tim Elang Jawa terus berlatih intens dibawah pelatih anyar Wagner Lopes. Selain latihan reguler, PSS Sleman juga sudah melakoni uji coba melawan Tim Pekan Olahraga Nasional (PON) Sumatera Utara pada Jumat (12/7/2024). Hasilnya sangat memuaskan.

Kim Jeffrey Kurniawan dkk. menang dengan skor sangat telak 7-2 di Lapangan Pakembinangun, Sleman. Wagner Lopes senang dengan hasil tersebut.

“Saya senang melihat para pemain muda PSS bermain bagus. Komunikasi mereka dengan pemain senior di berjalan baik. Sehingga instruksi dari pemain senior bisa dijalankan dengan bagus,” pujinya.

“Kami baru saja menjalani latihan 10 hari sehingga masih banyak yang harus diperbaiki. Untuk laga kemarin, saya cukup puas dengan penampilan para pemain."

“Ini hal yang luar biasa, PSS sudah berada di jalur yang tepat. Tim akan terus bekerja keras hari demi hari untuk mencapai target di musim ini,” ucap arsitek berkebangsaan Brasil dan Jepang tersebut.

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Akhir Musim Reguler:

Video Populer

Foto Populer